Uniknya Jembatan Tua Terpanjang Kedua di Dunia

Jembatan Anping di China
Sumber :
  • fjfao.gov.cn

VIVA.co.id – Sebuah jembatan panjang membentang menghubungkan dua daerah, Jinjiang dan Nan'an di sebelah barat kota Fuzhou, China. Jembatan Anping atau jembatan Wuli adalah jembatan tua yang dibangun pada abad ke-12, dengan menggunakan balok-balok batu berukuran sangat besar.

Swiss Kini Punya Jembatan Terpanjang di Dunia

Dikutip dari Amusing Planet, jembatan ini memiliki panjang 2,07 kilometer dan menjadi jembatan tua terpanjang nomor dua di dunia setelah jembatan Constantine. Hingga tahun 1905, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di China.

Jembatan tersebut dibangun sekitar tahun 1138 dan 1151 saat Dinasti Song Selatan berkuasa. Sebanyak 331 balok granit disusun di atas batuan penyangga yang disusun menyerupai bentuk sebuah kapal.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Balok terbesar memiliki berat mencapai 25 ton. Di pinggir jembatan terdapat empat pagoda batu berbentuk persegi dan dua berbentuk bulat yang diletakkan secara simetris. Selain itu, terdapat sebuah pagoda dengan tinggi 22 meter yang dapat terlihat dari kejauhan.

Awalnya, jembatan sekitar 150 meter lebih panjang dari saat ini. Itu akibat adanya endapan dari muara sungai, sehingga membuatnya menjadi lebih pendek. Selain itu, di jembatan ini dulunya juga terdapat lima paviliun sebagai tempat istirahat bagi para wisatawan, tetapi saat ini hanya tersisa satu.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Jembatan ini sekarang dilindungi oleh pemerintah China sebagai situs bersejarah. Area di sekitar jembatan kini dikembangkan menjadi taman-taman.

Jembatan Hong Kong Zhuhai Macau

Melintasi Jembatan Penyeberangan Laut Terpanjang di Dunia

Jembatan itu menghubungkan Hong Kong dengan beberapa wilayah.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2018