Libur Lebaran, Jangan Lupa Mampir ke Tiga Pantai di Manado

Pantai Malalayang, Manado
Sumber :
  • Agustinus Hari/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kota Manado, Sulawesi Utara tak hanya terkenal dengan kulinernya, tapi juga  wisata pantainya. Pantai kini menjadi tempat paling diincar wisatawan lokal maupun mancanegara saat libur panjang seperti Lebaran.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Paling tidak dengan pemandangan pantai serta keindahan berupa hamparan pasir putih, lautan biru jernih, dan panorama sinar matahari yang cantik jadi pilihan saat liburan ke kota ini. Sayang kalau Anda melewatkan liburan panjang kali ini tidak mampir ke pantai-pantai ini.

“Kami jamin jika berlibur di tiga pantai tersebut akan memberikan kepuasan yang tiada tara. Sebaiknya datang pagi hari karena kalau siang akan kesulitan mencari tempat saking banyak warga yang datang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado, Hendrik Warokka, Sabtu, 9 Juli 2016.

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Berikut ini tiga pantai di Manado, yang wajib Anda kunjungi.  

1. Pantai Malalayang

Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Pantai Malalayang adalah pantai favoritnya warga Manado, karena murah meriah. Pantai ini dapat ditempuh dengan mengendarai mobil dalam waktu sekitar 20 menit dari pusat kota Manado. Bagi yang tidak memiliki mobil pribadi, bisa naik angkutan umum dengan biaya Rp8 ribu untuk pergi pulang.

Pantai Malalayang memiliki pasir berwarna hitam dan banyak bebatuan karang. Jika libur panjang, warga akan berdatangan sejak pagi dan memadati lokasi ini dengan bersantai, mandi dan wisata kuliner.

Anda bisa mencoba pisang goreng dengan sambal dabu-dabu yang memiliki rasa khas atau milu (jagung) rebus dan menu khas Manado lainnya, dengan harga sangat terjangkau. Di sini juga tersedia perahu dan banana boat untuk keluarga.  

Dan momen yang paling ditunggu wisatawan adalah saat senja, karena warga dapat melihat sunset yang cantik. Mentari akan terbenam, dengan langit menjadi berwarna kuning keemasan.

Di sini juga terdapat Tugu Boboca. Tugu Boboca dinamakan sesuai bentuk tugu yang menyerupai Boboca, tepat berada di perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa, sangat cocok untuk ber-selfie.

Pantai Malalayang

2. Pantai Boulevard

Orang menyebutnya Pantai Boulevard, karena pantai ini dikelilingi mal-mal, mulai dari Bahu Mall, Boulevard Mall, Manado Town Square, Mega Mall dan Marina Plaza. Pantai yang luas ini menjadi lokasi favorit warga yang menghabiskan akhir pekan.

Biasanya, sehabis belanja, banyak warga yang mengakhiri harinya dengan menghabiskan waktu di Pantai Boulevard. Asyiknya, wisatawan bisa mengisi perut dengan mampir ke aneka restoran dan rumah makan yang ada di sekitar pantai.

3. Pantai Pulau Siladen

Nah, kalau Pantai Pulau Siladen cocok bagi Anda yang suka menyelam dan menikmati keindahan bawah laut. Sebab, pantai ini tepat berada di gugusan Taman Nasional Bunaken.

Untuk sampai ke sini, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Kota Manado. Di sini, Anda bisa menikmati putih, konturnya landai, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang indah.

Jika dua pantai sebelumnya praktis tidak mengeluarkan uang alias gratis, berbeda dengan Pantai Siladen. Untuk menikmati keindahan pantai di Pulau Siladen, Anda perlu transportasi menggunakan perahu dengan biaya Rp25 ribu-50 ribu.

Sayangnya, dari Manado ke Pulau Siladen hanya satu kali perjalanan. Perahu berangkat pukul 07.00 WITA dan pulang pukul 13.00 atau 15.00 WITA. Namun, tak perlu khawatir karena Anda dapat menyewa speed boat dengan biaya sebesar Rp600 ribu untuk pergi pulang.

Meski cukup mahal, Anda bisa berenang, snorkling, diving, atau hanya bersantai di pinggir pantainya. Pantai Pulau Siladen pun masih bersih dan banyak ditumbuhi pepohonan kelapa di sekitarnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya