Masuk Zona Bahaya Ketika Liburan, Tekan Tombol Ini

Ilustrasi ponsel pintar
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Ingin merasa seperti salah satu jagoan di film Jason Bourne, yang membutuhkan bantuan hanya dengan menekan satu tombol? Sekarang tampaknya hal tersebut sudah bisa dilakukan di dunia nyata. 

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Diluncurkan pada hari Rabu oleh sebuah perusahaan berbasis di London, aplikasi ini dapat membantu Anda yang sedang kesulitan dan berada di zona bahaya. Tinggal satu sentuhan, bantuan akan datang.

Tim di lapangan akan langsung datang bila tombol tersebut ditekan, bila perlu tim yang datang menggunakan senjata. Aplikasi ini tersedia di 88 negara yang bisa membantu konsumen untuk dibawa ke tempat aman. 
Penggunaan Dompet Digital Semakin Populer
 
Skenario seperti bencana alam, serangan teroris, kriminalitas atau darurat medis merupakan pelayanan yang diberikan oleh aplikasi ini.
Ponsel 'Bermuka Dua' Bikin Senang Distributor di Indonesia
 
Aplikasi ini bernama Overwatch yang memberikan layanan global dari perusahaan keamanan milik DS-48. Co-founder Charles Andrews mengatakan kepada MailOnline bahwa pengguna awal telah menggambarkan sebagai alat keamanan yang terjangkau.
 
Aplikasi ini akan mencari posisi Anda setiap tiga menit, dengan akurasi rata-rata delapan meter, dan mengirimkan informasi ini ke pusat-pusat pemantauan di London dan Texas.
 
Setiap analis mengawasi maksimal 50 klien. Sumber-sumber mereka dapat mencakup apa pun dari media lokal, blog, dan media sosial. Menurut Andrews, setelah serangan teror di Prancis dan di tempat lain, kliennya telah mampu untuk memberikan informasi insiden, 20 menit sebelum situs berita. 
 
Layanan ini bekerja 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan terus menerus aktif melihat bahaya, dengan biaya Rp1,1 juta per bulan. Jika Anda menemukan diri Anda dalam kesulitan, Anda dapat menghubungi layanan bantuan. Misalnya membutuhkan tim medis karena mengalami kecelakaan, tim akan langsung datang ke lokasi dengan akurasi.
 
Namun, dalam kondisi tertentu, bila Anda membutuhkan pasukan khusus, akan dikenakan biaya tambahan. Andrews menekankan bahwa semua biaya yang ditetapkan ketika Anda mendaftar dan memanggil layanan untuk mendapatkan saran tidak dikenakan biaya alias gratis karena sudah termasuk dalam biaya langganan Anda.
 
Aplikasi ini memiliki kelemahan ketika daya baterai ponsel habis. "Aplikasi ini tidak akan bisa membantu jika baterai ponsel mati, tidak ada yang bisa dilakukan untuk para klien," kata Andrews. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya