Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Jembatan rel kereta di kota Rockhampton, Queensland, Australia.
Sumber :
  • Youtube/Rod Williams
VIVA.co.id
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
- Mungkin Anda sudah pernah melihat jembatan yang terangkat ketika ada sebuah perahu atau kapal yang melintas. Biasanya jembatan itu melintang di atas sebuah aliran sungai. 

Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia
Namun berbeda dengan yang ada di kota Rockhampton, Queensland, Australia. Jembatan ini terletak di daratan dan hanya terdiri dari dua jalur kereta sepanjang 60 centimeter.

Soal Kereta Cepat, Menhub Budi Tak Mau Gegabah
Jalur kereta itu  milik Sugar Cane Railway, sebuah pabrik gula swasta di daerah North Coast Line. Ketika kereta milik pabrik tersebut melintas, maka 'jembatan yang tadinya terangkat akan perlahan turun dan kembali ke posisi tegak setelah kereta selesai melintasi jalur tersebut. 

Dilansir dari Amusing Planet, Queensland kemungkinan menjadi satu-satunya tempat di dunia yang memiliki jembatan tarik yang menghubungkan satu jalur kereta dengan yang lain.

Dari sisi teknis, jembatan tarik antar jalur yang bersilangan tidak begitu dibutuhkan karena lintasan seperti itu dapat diatasi dengan membuat simpangan berbentuk berlian.

Di Queensland, Sugar Cane Railway melintasi 15 titik yang bersilangan. Tiga titik ini memiliki underpass atau overpass, namun 12 lintasan lain menggunakan jembatan tarik. 

Jika lintasan tersebut dibuat menggunakan simpangan berlian seperti yang dijelaskan di atas, kereta cepat bernama Tilt Trains yang beroperasi di North Coast Line tidak bisa melaju sesuai kecepatan normal. Hal ini karena simpangan berlian tersebut memiliki batas kecepatan tertentu.

Agar kereta tercepat di Australia, Electric Tilt Trains, dapat melintas dengan kecepatan 160km per jam jembatan tarik dianggap lebih membantu ketimbang simpangan berlian.

Jembatan tarik tersebut selalu berada pada posisi vertikal yang memungkinkan kereta Queensland Railway melintas. 

Ketika kereta pabrik tersebut mendekati jembatan, masinis akan mengaktifkan jembatan tersebut dengan sebuah remote control. Pergantian ini akan memberi sinyal pada Queensland Railway untuk berhenti dan jembatan akan perlahan turun dan bersambung satu sama lain. 

Ketika kereta Sugar Cane sudah selesai melintas, maka jembatan tersebut secara otomatis akan kembali terangkat. Jika kereta Queensland Railway mulai mendekati jembatan, terlebih dahulku, jembatan tersebut tidak akan turun meskipun dikendalikan oleh remote control dari kereta Sugar Cane. 

Namun jika kereta tersebut tidak berhenti, maka pada satu titik kereta tersebut akan dikeluarkan dari lintasan untuk mencegah tabrakan dengan kereta lain.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya