Toraja Marathon 2016 Diharapkan Sedot Wisatawan

Toraja Marathon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin
VIVA.co.id
Wisata Alam Melihat Habitat Asli Harimau Jawa
- Pada era 1990 an, Tana Toraja sempat jadi primadona pariwisata andalan Indonesia. Bahkan pada waktu itu, jumlah wisatawan Tana Toraja digadang-gadang hampir menyamai Bali.

Wisata Bahari Manado Diminati Wisman Asal Korea dan Jepang
Namun, beberapa tahun belakangan ini jumlah wisatawan lokal maupun asing sempat menurun. Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Frederik Batongme mengatakan, Toraja Marathon 2016 yang akan digelar pada 13 Agustus mendatang diharapkan bisa menjadi pemicu datangnya wisatawan.

Kemenpar Siapkan Acara Spesial untuk Liburan Akhir Tahun
"Tahun 90-an, Tana Toraja itu destinasi kedua setelah Bali. 250 ribu turis dari mancanegara datang ke Toraja per tahun Tapi sekarang agak sedikit menurun. Salah satu cara untuk menggiatkan lagi pariwisata di sini, ya kita ciptakan magnet baru, antara lain Toraja Marathon ini," ucap Frederik Batong, Selasa, 2 Agustus 2016.

Frederik pun meyakini, acara yang baru diadakan pertama kali di Toraja itu mampu menyedot perhatian wisatawan. Pasalnya, wisatawan akan terhipnotis dengan keindahan Tana Toraja.

"Kenapa Toraja? karena Toraja adalah kepingan surga yang jatuh ke bumi. Saya saja lihat Toraja kaget, apalagi yang bukan orang Toraja. Udaranya sangat sejuk, di atas ketinggian kami hidup," kata Frederik

Ia juga mengatakan, saat ini Tana Toraja sudah sangat siap menyambut para tamu yang akan datang. Bahkan  hotel-hotel disana pun sudah kini sudah beragam jenisnya.

"Soal akomodasi, hotel itu jangan ragu. Dari sejak tahun 90-an belum ada keluhan soal hotel. Jangankan 1.000, 5.000 sampai 10 ribu orang pun kita siap tampung."

(mus) 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya