Merayakan Pekan Masyarakat Adat Selama Tiga Hari di Jakarta

Pekan Masyarakat Adat Nusantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari
VIVA.co.id
Orang Rimba Ketakutan, Anaknya Tewas Terjangkit Hepatitis
- Setiap tanggal 9 Agustus diperingati sebagai Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS). Pada tahun ini, Indonesia juga ikut memperingatinya dengan menggelar Pekan Masyarakat Adat Nusantara (PMAN) yang akan dilaksanakan pada 7-9 Agustus.

Sekjen AMAN: Banyak Masyarakat Adat Belum Dapat Pendidikan
Pekan festival yang mengangkat tema "Pendidikan, Kebudayaan, dan Spiritualitas Masyarakat Adat" ini, akan dilangsungkan rangkaian acara dimulai dari Pawai Budaya di Car Free Day pada Minggu, 7 Agustus. Pawai ini akan dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia.

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi
Kemudian di hari berikutnya akan digelar seminar nasional mengenai Hak atas Pendidikan Budaya dan Spiritualitas dalam RUU Masyarakat Adat di Museum Nasional. 

Selain itu, di tempat yang sama juga akan digelar pameran karya seni dari masyarakat adat serta berbagai produk seni tradisional dan pemutaran film.

Pada puncak acara 9 Agustus, akan diadakan dialog masyarakat adat dengan pemerintah. Di hari ini rencananya akan dihadiri juga oeh Presiden Joko Widodo.

"Ini akan jadi pertama kalinya Masyarakat Adat mengenjot presiden untuk menyatakan masyarakat adat untuk ada dalam misi dan visinya. Saya ingin membangkitkan kepada Masyarakat Adat bahwa negara ini adalah kita, negara ini menjadi milik kita dan kita harus menjadi bagian dari itu. Masa depan ditentukan oleh kita," kata Rukka Sombolinggi, Deputi II Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, saat melangsungkan konferensi pers PMAN di Kemendikbud, Kamis, 4 Agustus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya