Indahnya Arsitektur Berat, Kota Seribu Jendela

Kota Berat, Albania
Sumber :
  • Albania
VIVA.co.id
Berat, Kota Seribu Jendela dari Albania
- Jika berkunjung ke Albania, Kota Berat adalah salah satu destinasi wajib yang harus Anda kunjungi. Kota ini terkenal akan bangunan-bangunan bersejarahnya dan pemandangannya yang indah. Selain itu, kota ini juga dijuluki sebagai Kota Seribu Jendela.

Di Albania, Beda Agama Bukan Masalah
Kota yang termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO ini dulunya merupakan salah satu kota penting di Albania di era pemerintahan Ottoman. Dilansir dari laman Amusing Planet, kota Berat dulunya merupakan pusat kerajinan pahatan kayu di Albania. Tidak hanya itu, Berat menjadi salah satu kota peninggalan Ottoman yang sangat dilindungi dengan baik hingga hari ini.

Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah
Yang menarik dari kota ini adalah bangunan tempat tinggal khas negara Balkan yang memenuhi bukit. Pada abad 13, bukit tersebut merupakan daerah komplek Istana Berat.

Rumah-rumah yang kini memadati bukit tersebut dibangun pada abad 18 dan 19. Umumnya, rumah tersebut terdiri dari dua lantai dengan lantai dasar yang terbuat dari batu. Lantai dua rumah itu diberi cat berwarna putih dan atapnya ditutup dengan keramik merah.

Rumah-rumah ini juga dilengkapi dengan jendela kayu besar. Akibat kaki bukit yang curam dan jarak rumah yang berdekatan, jendela-jendela tersebut tampak saling bertumpukkan satu sama lain.

Jika dilihat dari distrik Gorica, di pinggir sungai Osum, membuat kota Berat mendapat julukan sebagai Kota Seribu Jendela. Menarik bukan? Kota Berat bisa menjadi alternatif baru jika Anda berlibur ke Eropa.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya