Bahasa Jadi penghambat Pariwisata di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Sumber :

VIVA.co.id - Persaingan destinasi wisata di tingkat ASEAN sudah cukup tinggi, namun sayangnya sistem kepariwisataan di Indonesia masih belum berjalan optimal. Melihat saat ini jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia masih kalah dibandingkan negara tetangga Malaysia atau Singapura.

Jumlah Turis ke Maumere Selalu Naik Sejak 2012
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan saat ini, negara yang patut diwaspadai oleh Indonesia bukanlah Malaysia atau Singapura, sebab kedua negara ini memiliki pendapatan lebih tinggi dari Indonesia.
 
Indonesia Belum Optimal Tarik Minat Wisatawan ASEAN
"Malaysia dan Singapura pendapatan per kapitanya lebih tinggi dari kita," kata Arief Yahya dalam pidatonya di acara pembukaan ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional (MRA-TP) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Agustus 2016.
 
Indonesia Jadi Kantor Sekretariat Kepariwisataan ASEAN
Menurut Menpar, negara yang perlu dikhawatirkan adalah Filipina. Pasalnya negara ini memiliki poin tambah di bidang SDM lebih banyak dibandingkan SDM Indonesia.
 
"Tetapi ada Filipina. Dilihat dari persentase lebih banyak pekerja Filipina dan mereka mau dibayar sama dengan orang Indonesia. Poin saya, yang harus diwaspadai itu orang Filipina," ucap Menpar.
 
Menpar menjelaskan saat ini Indonesia masih mengalami hambatan, khususnya terutama dari segi bahasa.
 
"Kelemahan kita pada umumnya kelemahannya adalah bahasa. Beda dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina Bahasa Inggrisnya lebih bagus dari kita. Tetapi ranking kita tidak terlalu anjlok dibanding sepuluh negara ASEAN. Kita di tengah-tengah," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya