Festival Danau Toba 2016 Targetkan Wisatawan Mancanegara

Dua wisatawan melihat panorama Danau Toba tampak dari kawasan Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Senin (22/8/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mendukung penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang akan berlangsung di Kota Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) pada 9-12 September mendatang. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan FDT 2016 yang menurutnya akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba sebagai destinasi unggulan berkelas dunia berbasis geopark.

Investor Ingin Bangun Kasino di Danau Toba, Badan Otorita Pikir-pikir

"Danau Toba itu salah satu danau vulkanik  terbesar di dunia, Danau Toba juga danau terluas di dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba adalah salah satu danau terdalam di dunia. Sedangkan Pulau Samosir memiliki 64.000 hektare atau setara dengan luas Singapura," katanya saat menggelar jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat. Ia yakin, Danau Toba pantas menjadi salah satu destinasi wisata berkelas Internasional.

Menurutnya, salah satu standar sebuah destinasi wisata mampu menjadi destinasi bertaraf internasional adalah dengan diadakannya event tahunan yang mampu menyedot wisatawan mancanegara untuk datang.

Libur Lebaran, TCR Danau Toba Tembus 13 Ribu Pengunjung

"Pesertanya juga dari internasional jadi kita harus mengundang peserta dari internasional, yang paling mudah itu sport carnival," katanya.

Selain itu, untuk mencapai tujuan tersebut, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni konservasi, kreativitas dan juga ekonomi.

Adian Nalambok, Salah Satu Spot Terbaik Nikmati Keindahan Danau Toba

Menurut Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Utara, tempat FDT 2016 diadakan, juga mengatakan bahwa dalam FDT 2016 ada beberapa kegiatan yang terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh wisatawan mancanegara.

"Event yang terbuka untuk umum itu lomba lintas alam, sepeda dan juga renang," katanya.

Seperti diketahui, destinasi wisata Danau Toba memiliki keunggulan sejarah sebagai gunung yang mempunyai letusan terdahsyat di dunia atau sebagai supervolcano.

Tercatat pada 75.000 tahun lalu supervolcano Toba menghadirkan kaldera dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir. Selain mempunyai sejarah yang hebat Danau Toba juga memiliki obyek wisata wisata alam dan budaya yang menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya