13 Hal Tentang Panda yang Jarang Diketahui

Panda, satwa langka di China kini telah dicabut statusnya dari kepunahan menjadi rentan. Jumlah populasinya dilaporkan meningkat hingga 17 persen oleh IUCN, Senin (5/9/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/IUCN doc

VIVA.co.id – Panda, yang berasal dari China, kini tidak termasuk hewan langka. Hal ini berkat penyelamatan yang dilakukan oleh badan konservasi, yang terus menjaga hewan pemakan bambu tersebut. 

Kebun Binatang Kanada Lepas 2 Panda ke China karena Kekurangan Bambu

Tapi berapa banyak hal yang Anda tahu tentang beruang hitam putih ini? Berikut 13 hal tentang panda yang jarang diketahui publik, seperti dilansir laman Telegraph.

Berat panda ketika lahir

Gemas, Panda-panda Ini Berhasil Bikin Penjaganya Kerepotan

Ketika lahir, berat bayi panda yang sekitar 99 gram, atau hampir sama dengan berat sebuah telepon genggam.

Mata

China Bangun Taman Panda Raksasa Lebihi Taman Nasional AS

Ketika lahir, bayi panda ternyata buta, dan tidak akan membuka matanya hingga berusia 45 hari.

Tidur

Panda bisa tidur hingga 12 jam setiap hari.

Makanan

Panda tidak hanya memakan bambu saja, hewan ini akan memakan bunga, ikan, dan umbi serta madu jika mereka dapat menemukannya. 

Berat makanan

Panda dapat makan bambu sebanyak 13,6 kilogram dalam 12 jam atau lebih setiap hari.

Seks

Berlawanan dengan hal yang populer, panda hanya sedikit tertarik pada seks. Panda betina, ketika ingin kawin, akan melakukannya hanya selama satu minggu di musim semi.

Memanjat pohon

Panda dapat memanjat pohon. Biasanya, hanya anaknya atau betina ketika merasa panas memanjat pohon.

Hamil

Panda melahirkan anak, satu hingga dua bayi setiap beberapa tahun. Anak panda akan tinggal bersama induknya betina selama 18 bulan, dan kemudian akan hidup sendiri.

Populasi

Selama dekade terakhir, angka panda meningkat hampir 17 persen di alam liar. Sekarang ada sekitar 2.000 panda di luar penangkaran.

Warna bulu

Warna bulunya adalah misteri. Beberapa peneliti mempercayai bulu panda merupakan kamuflase yang sangat efektif, namun peneliti lain mempercayai warna bukunya mencolok sehingga mereka bisa melihat satu sama lain.

Panggilan

Rakyat China memanggil panda Xiongmao, yang berarti kucing beruang raksasa. 

Aroma

Aroma masing-masing panda dikatakan unik dan digunakan untk mengidentifikasi satu sama lain. Mereka juga memiliki jumlah panggilan vokal yang berbeda.

Hibernasi

Tidak seperti kebanyakan beruang lain, panda tidak hibernasi. Ketika mendekati musim dingin, mereka hanya akan mencari tempat yang lebih hangat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya