7 Rahasia Penerbangan yang Tak Pernah Diungkapkan Pramugari

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dalam setiap penerbangan, peran pramugari sangat penting untuk membuat Anda merasa aman di udara. Tapi ternyata ada beberapa rahasia yang tidak pernah diungkapkan pramugari kepada para penumpangnya

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

Sebuah topik diskusi yang telah diunggah secara online pekan lalu, mengungkapkan semuanya dan hasilnya begitu mengejutkan. Mulai dari waktu terburuk bagi turbulensi, hingga berapa lama makanan telah disimpan di kabin pesawat. Seperti dilansir dari laman The Sun, berikut daftarnya.

Makanan tidak segar

Satgas Kalteng Temukan Dua Penumpang Pesawat Diduga Positif COVID-19

Pernahkah bertanya-tanya mengapa makanan tidak terasa enak ketika di pesawat? Bukan rahasia bahwa makanan di pesawat seringkali tidak terasa cukup lezat. Salah seorang pramugari mengungkapkan alasannya.

"Anda mendapatkan pelayanan dari makanan beku yang disimpan sampai 72 jam," kata seorang pramugari.

Profil Siwi Widi, Eks Pramugari Garuda Diduga Terima Suap Rp647 Juta

Penerbangan pagi minim turbulensi

Seorang pengguna Quora bernama Anya mengungkapkan bahwa ketika bicara tentang pemesanan pesawat, semakin awal jam penerbangan semakin baik

"Satu hal yang tidak akan diberi tahu oleh pramugari adalah penerbangan pagi lebih baik karena udara tidak terlalu membuat pesawat berguncang,” katanya.

Bagian pesawat yang paling tidak higienis bukanlah toilet

Kursi pesawat mengandung kuman yang menyebabkan pilek, flu, infeksi Staph, atau norovirus, virus yang bisa hidup selama berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan saat menempel di permukaan.

"Hal yang paling tidak higienis di pesawat adalah sabuk pengaman Anda, dan meja lipat di kursi," kata seorang pramugari.

Dia mengungkapkan, setelah pesawat menurunkan penumpang, pramugari mungkin menyemprot sesuatu debu dan membuang sampah, tapi tidak ada yang membersihkan meja di tiap kursi.

Pendaratan yang mulus tergantung pada cuaca

Sebuah maskapai mengatakan bahwa penting bagi penumpang untuk berhenti menilai pilot tentang bagaimana mereka mengendarai pesawat

"Pendaratan di saat hujan bisa sangat bergejolak, karena pesawat perlu menyentuh landasan pacu dengan keras untuk menghindari aquaplaning," kata seorang pilot.

Obat mabuk udara tidak efektif jika diminum saat penerbangan

Seorang kru pesawat, Ishrat menyarankan untuk meminum obat mabuk udara sebelum pesawat terbang. Dia mengaku bahwa dia hanya pernah memberikan obat mabuk perjalanan ketika dia perlu menenangkan seorang penumpang,

Perilaku buruk di penerbangan dapat memengaruhi penerbangan berikutnya

Jika penumpang menjadi gaduh, kemungkinan pihak maskapai akan diberitahu. Hal ini bisa sangat memberatkan jika Anda berencana untuk melakukan penerbangan lanjutan.

"Mereka tahu tentang penerbangan selanjutnya. Jadi jangan membuat keributan ketika penerbangan Anda tertunda," kata seorang sumber.

"Jika Anda menjengkelkan, mereka dapat menelepon dahulu ke gerbang depan dan memberitahu bahwa Anda telah ketinggalan pesawat, sehingga mereka bisa pergi tanpa Anda,” ujarnya menambahkan.

Ada nampan abu rahasia di tiap penerbangan

Meski merokok tidak diizinkan di banyak penerbangan, beberapa wisatawan bermata jeli mungkin memperhatikan bahwa masih ada nampan abu yang tersedia. Itu digunakan untuk memadamkan setiap rokok yang telah dinyalakan oleh penumpang yang nakal

"Ada nampan abu di pintu samping dekat tanda dilarang merokok. Ini bagi mereka yang bersikeras dan masih memutuskan untuk merokok,” ujar seorang kru pesawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya