Tips Traveling Aman dan Nyaman Bagi Lansia

Ilustrasi nenek.
Sumber :
  • Pixabay/Julim6

VIVA.co.id – Kelompok lanjut usia (lansia), biasanya memiliki keinginan terpendam untuk bisa berwisata ke berbagai tempat menarik. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa lansia memiliki kebutuhan khusus agar bisa aman dan nyaman selama berekreasi.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

"Ada kebutuhan khusus pada lansia seperti mereka yang tidak bisa berlama-lama di ruang ber-AC, takut masuk angin. Atau mereka juga tidak bisa terlalu lama duduk di mobil, karena bisa encok," ujar spesialis radiologi, dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp. Rad(K), yang ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin, 10 Oktober 2016.

Menurutnya, lansia harus diberi batasan untuk duduk di perjalanan yaitu selama maksimal 12 jam. Oleh sebab itu, jika memiliki perjalanan yang dirasa cukup jauh, diharapkan adanya jadwal istirahat.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

"Misalnya paling lama enam jam, setelah itu sebaiknya ada transit. Harus diatur jadwalnya, agar selama rekreasi, mereka enggak stres," kata dokter yang bekerja di RS Pondok Indah, Jakarta itu.

Selain itu, diharapkan agar masing-masing lansia memiliki pengetahuan akan kondisi kesehatannya sendiri. Sebab, salah satu kondisi yaitu masalah pada jantung yang cukup berat, membuat lansia akan kesulitan beraktivitas.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

Di luar dari itu, beberapa hal juga patut diketahui pada diri lansia, karena, hal itu akan sangat berdampak bagi kenyamanannya selama dan sesudah berwisata.

"Harus tahu obat-obatan yang dibawa, cek kesehatannya apa, alergi makanan apa. Ia mampu traveling sejauh apa dan lihat tempat destinasinya, apakah terlalu banyak tangga yang mengharuskan adanya pendamping," kata dia.

Ilustrasi lokasi di Korea.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Menjelang musim yang lebih hangat, banyak orang mulai merencanakan liburan ke Korea Selatan. Jika kamu termasuk yang berencana pergi ke sana, berikut ada beberapa tipsnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024