Ini Kondisi Ramah Lingkungan Bagi Lansia

lansia korban holocaust ikuti kontes kecantikan
Sumber :
  • REUTERS/Amir Cohen

VIVA.co.id – Menurut definisi World Health Organization (WHO), lansia merupakan kelompok yang telah menduduki usia di atas 55 tahun. Selain itu dikatakan bahwa lansia adalah kelompok yang memiliki kebutuhan khusus.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Setiap negara, masing-masing memiliki standar khusus untuk menciptakan lingkungan yang ramah untuk para lansia. Untuk Indonesia sendiri, standar ramah lansia, mesti dibentuk dari infrastrukturnya.

"Lansia pasti ada penurunan fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Berkaitan dengan itu, desain infrastruktur bangunan harus ramah seperti tangga busway (TransJakarta) yang rendah agar mudah dipijak," ujar President Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI), Marlin Marpaung, yang ditemui di kawasan Sudirman, Senin, 10 Oktober 2016.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Merawat lansia.

Hal kedua yaitu kecukupan nutrisi bagi kebutuhan masing-masing lansia. Menurutnya, komposisi nutrisi tersebut harus lengkap, tapi dengan pengolahan yang sehat.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

"Harus ada standar nutrisi karena ada degradasi fisik dari lansia. Pengolahan dan bahan-bahannya yang harus memenuhi standar dan lengkap," ujarnya.

Kemudian, tidak lupa untuk pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu menemani lansia di saat tertentu. Salah satunya saat lansia butuh didampingi kala berwisata ke suatu tempat.

"Destinasi yang ditunjuk lansia untuk berekreasi, sebaiknya ada yang menemani. Yang mendampingi itu bukan sekadar ada tapi peduli."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya