Ini Cara Nadine Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

Nadine Chandrawinata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Masalah klasik tempat-tempat wisata di Indonesia adalah kurang terjaganya kelestarian lingkungan, terutama banyaknya sampah yang berserakan. Seperti di gunung, laut, bahkan di taman-taman bermain, sampah menjadi permasalahan utama.

Dimas Anggara Debut Jadi Sutradara, Begini Respons Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata, sebagai salah satu artis yang juga menjadi aktivis lingkungan, memberikan pesan khusus kepada wisatawan untuk lebih menjaga lingkungan.

"Coba kita liat, kita sendiri kadang bingung buang sampah, jadinya sembarangan. Kemudian soal sampah plastik. Kalau bisa kita kurangi dengan selalu bawa tas sendiri saat belanja atau kalau kepepet jangan mau pakai banyak plastik," kata Nadine saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan Kamis 17 November 2016.

Selamat! Nadine dan Dimas Anggara Dikaruniai Anak Kedua Tepat di Hari Kesaktian Pancasila

Menurut Nadine semua orang yang berada di lokasi wisata memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan, dan para pemandu wisata juga memiliki andil penting untuk mengingatkan kepada wisatawan.

"Wisatawan harus menjadi wisatawan yang bisa menjaga lingkungan. Demikian juga dengan para tour guide atau nelayan yang lahannya jadi potensi wisata, harus di edukasi dan bisa memberi edukasi tentang menjaga lingkungan demi kelestarian dan pengembangan daerahnya," tuturnya.

Nadine Chandrawinata Hamil Anak Kedua, Dimas Anggara Cerita Persiapan Persalinan

Aksi untuk mendukung itu telah ia lakukan di beberapa kesempatan, termasuk bersama teman-teman di komunitas pecinta laut ‘Sea Soldier’.

"Belajar dari laut, kami prajurit laut dapat melihat nih dari mana sumber sampah yang bisa sampai di laut, di gunung kah atau kota kah, pasti dari atas kan? Itu kenapa kalau kita dari gunung harus bawa sampah sendiri. Bayangkan kalau nggak diangkat, itu larinya bisa ke laut juga," tambahnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya