Khansa Syahlaa, Pendaki Berusia 10 Tahun Kembali Beraksi

Khansa Syahlaa, pendaki cilik tujuh summits Indonesia
Sumber :
  • Facebook Aulia

VIVA.co.id – Usia nyatanya bukan batasan untuk mencapai sebuah mimpi. Setidaknya itu dibuktikan oleh Khansa Syahlaa, bocah berusia 10 tahun yang dikenal sebagai sang pendaki cilik tujuh summits Indonesia.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

Ya, ia kembali berhasil menjejakkan kaki di puncak tertinggi Pulau Borneo, Gunung Bukit Raya (2.278 MDPL) di Kalimantan Tengah.

Pendakian tersebut mengukuhkan rekor siswi kelas 5 SD daar El Salam, Vila Nusa Indah Bogor, Jawa Barat itu yang sukses menaklukkan enam puncak gunung tertinggi di Nusantara.

Viral Kisah Pilu Seorang Suami Rela Jual Organ Tubuh demi Bisa Hidup Bersama Istri

Pengembaraan Khansa di kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya bersama sang ayah, Aulia Ibnu kali ini mendapat tantangan yang sangat berat. Di awal perjalanan mereka diharuskan menyusuri sungai Trungoi yang berarus deras kurang lebih selama tujuh jam, karena putusnya jembatan penghubung.

Vegetasi hutan yang rapat, banyaknya pohon tumbang dan jalur yang longsor menjelang puncak juga sempat memperlambat pendakian mereka. Belasan pacet, binatang penghisap darah bahkan sempat menempel di tubuh Khansa hingga ke lehernya.

Inspiratif! Kedermawanan Abu Jaber Bagikan Ribuan Makanan Buka Puasa di Makkah Selama Bulan Ramadhan

"Pendakian kali ini berat sekali. Jalur ada yang tertutup pohon tumbang, jalur ke puncaknya juga longsor. Kami naik mesti pakai tali. Pacetnya, subhanallah banyak banget,” ujar Aulia, sang ayah yang merupakan relawan bencana sekaligus pegiat alam bebas, Sabtu, 19 November 2016.

Rute perjalanan Khansa dimulai dari Desa Tumbang Habangoi, Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Sebelumnya, ia telah membekali diri dengan persiapan matang, baik fisik dan mental selama dua bulan. Ia juga mengantongi dukungan penuh dari pihak sekolah.

Ia berhasil berdiri di puncak Gunung Bukit Raya pada tanggal 11 November 2016 sekitar pukul 12.43 siang. Delapan hari penuh menjadi total waktu yang ditempuh Khansa dan sang ayah.

"Seru banget, capek, tapi senang. Abis Bukit Raya maunya ke Cartenz, kalau boleh sama Ayah dan dapat sponsor,” ucap Khansa.

Sebelumnya, pada bulan Juli 2016 lalu, gadis kecil yang sudah mulai diajak bertualang sejak bayi ini sukses melakukan pendakian maraton ke puncak Gunung Binaiya (3027 MDPL) di Pulau Seram, Maluku dan puncak Gunung Rinjani (3726 MDPL) di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Petualangan tujuh summits yang lebih dahulu dilakukannya, yaitu ke puncak Rantemario,Gunung Latimojong (3478 MDPL) di Sulawesi Selatan dan Indrapura puncak Gunung Kerinci (3805 MDPL) di Sumatera pada usia sembilan dan 10 tahun. Ia juga sudah menaklukkan Gunung Semeru (3676 MDPL) di Jawa Timur saat berusia delapan tahun.

Khansa Syahlaa, pendaki cilik tujuh summits Indonesia

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya