Wow, Ada Alquran Disalin dengan Tinta Emas Selama 3 Tahun

Ilustrasi/Alquran
Sumber :
  • Ade Alfath - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kita bisa menemui berbagai bangunan rumah ibadah unik bagi umat Muslim di berbagai belahan dunia. Mulai dari sejarah hingga bentuk bangunan itu sendiri.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Namun, keunikannya tidak hanya sampai pada bangunan saja. Kitab suci Alquran unik yang akan dibahas dalam artikel ini bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Seorang seniman perempuan asal Azerbaijan, Tünzale Memmedzade, membuat salinan Alquran dalam untaian benang. Ia meghabiskan waktu selama 3 tahun untuk menulis sendiri ayat demi ayat dalam kitab tersebut di kain sutra.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Dilansir laman Boredpanda, ide Memmedzade ini muncul setelah ia menemukan bahwa meskipun sudah disalin dalam berbagai material, ayat-ayat Alquran tidak pernah ditulis di atas kain sutra.

Salinan Alquran ini ditulis dengan 1,5 liter cairan emas dan perak di atas lembaran kain sutra murni dengan lebar 11,4 inci dan panjang 13 inci. Diperkirakan Memmedzade menggunakan kain sutra sepanjang 164 kaki.

Terpopuler: Pembakar Alquran Dikabarkan Tewas, Wanita Mualaf Meninggal hingga Pakistan Geser RI

Memmedzade menganggap ini adalah sebuah mahakarya dan tidak menyinggung ajaran agama karena pembahasan mengenai sutra juga terdapat dalam Alquran.

Kaligrafi ciamik dari perempuan ini mengingatkan kita kembali pada seni islami yang sedang dipamerkan di Sackler Gallery milik Smithsonian Miseum. Pameran bertajuk The Art of the Qur'an: Treasure from the Museum of Turkish and Islamics Arts menampilkan lebih dari 60 manuskrip dan bisa dinikmati hingga 20 Januari 2017 mendatang.

Pameran ini digelar dalan rangka memperingati kembali tradisi menyalin dan menghias Alquran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya