Indonesia Peringkat 109 Dunia untuk Kebersihan Toilet

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Toilet umum menjadi permasalahan serius yang harus dibenahi oleh pemerintah, khususnya di kawasan objek pariwisata. Saat ini, kebersihan toilet umum di Indonesia masih berperingkat di atas 100.

Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra Awali 2023 Sebagai Peringkat 1 dan 2 Dunia

Berdasarkan laporan Travel and Tourism Competitivenes Index (TTCI), Indonesia berada di peringkat 109 dari 148 negara.

"Ada banyak keluhan wisatawan terkait toilet. Begitu kita lihat TTCI, masalah kesehatan health hygiene kita ranking bawah, 109 dari 141," ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 5 Desember 2016.

Timnas Wanita Indonesia Naik ke Peringkat 97 di Ranking FIFA

Fakta itu pun memotivasi Kemenpar dan stakeholder terkait untuk terus meningkatkan kualitas toilet umum di Indonesia. Mulai dari bandara, kawasan konservasi hingga pasar dan penginapan sekelas homestay. Oleh sebab itu, diadakan lomba sayembara desain toilet umum.

Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas toilet umum. Malah ada rencana untuk memperbanyak kuantitas toilet umum di tempat wisata. "Kami dengan Kementerian LHK dan BUMN sudah membuat nota kesepahaman tentang toilet di tempat wisata," kata Dadang.

Terjatuh dari Toilet Beralas Bambu, Ibu Rumah Tangga Tewas

Hal senada juga diutarakan oleh Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Oneng. Dijelaskan oleh Oneng, Indonesia sangat kekurangan fasilitas toilet. Khususnya di pegunungan hingga pantai. Padahal, dua destinasi itu sangat diminati wisatawan.

"Intinya, masih sangat kurang untuk toilet-toilet bersih di pegunungan maupun destinasi di pantai," ujar Oneng.

Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru terdapat tuberkulosis

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Jumlah kasus TB di Indonesia diperkirakan sebanyak 1.060.000 dan terdapat 134 ribu kematian akibat TB per tahunnya, atau 17 orang yang meninggal akibat TB setiap jamnya.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024