Taman Nasional Baluran, Berlibur di Afrika-nya Indonesia

Taman Nasional Baluran.
Sumber :
  • Instagram arvinkebo

VIVA.co.id – Kebanyakan orang mengetahui bahwa destinasi wisata di Indonesia adalah pantai, laut dan gunung. Namun, jika Anda ingin merasakan nuansa liburan yang berbeda, ada alternatif pilihan lain, yakni Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional Gorbea yang Penuh dengan Hal-hal Mistik

Orang-orang menyebut Taman Nasional Baluran sebagai ‘Afrika-nya Indonesia’ karena di dalam kawasan taman nasional ini terdapat padang savana paling luas di pulau Jawa, yang dihuni oleh spesies tumbuhan dan hewan yang beragam.

Savana di Baluran merupakan tempat hidup bagi rusa, banteng, kerbau, ular hijau, monyet ekor panjang, biawak, ajag (sejenis anjing hutan kecil), dan lainnya. Kadang Anda juga bisa menyaksikan bagaimana kawanan ajag membantai rusa untuk dimakan.

10 Top Destinasi Wisata Ini Disiapkan untuk Pemudik

Selain padang savana, Taman Nasional Baluran juga memiliki wisata pantai yang tak kalah indahnya, yaitu Pantai Bama. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang merupakan habitat dari satwa primata dan berbagai jenis burung. Letak Pantai Bama kurang lebih 3 km dari Padang Savana. Salah satu atraksi menarik di Pantai Bama adalah menyaksikan kera abu-abu yang memancing ikan menggunakan ekornya.

Selain keindahan pasir putihnya yang menawan, Pantai Bama juga menyimpan keindahan panorama bawah laut yang mempesona. Pengunjung bisa melakukan snorkeling dengan menyaksikan beraneka ragam terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias.

Muara Bengawan Solo, Destinasi Wisata yang Masih Tersembunyi

Letak Taman Nasional ini berada di Desa Wonorejo, Kabupaten Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Sebenarnya taman nasional ini lebih dekat dengan kota Banyuwangi (bagian utara) daripada kota Situbondo. Bagian timurnya berbatasan dengan Selat Bali dan bagian utara berbatasan dengan Selat Madura. Untuk menuju Taman Nasional Baluran, Anda bisa menggunakan bus dari Surabaya yang bisa ditempuh selama 6 jam.

 

CHILLAX v. Just Chill and Relax. -8FACT Dict 'Trip 99'

A photo posted by Triwisnu Ronoprasetyo (@triwisnuu) on

 

CHILLAX v. Just Chill and Relax. -8FACT Dict 'Trip 99'

A photo posted by Triwisnu Ronoprasetyo (@triwisnuu) on

 

????

A photo posted by Putri Nur Fajriah (@putenf) on

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya