Mengenal Filosofi Yu Sheng, Makanan Tradisi Imlek

Yu Sheng medium sebelum dicampur, berbentuk lambang ayam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek, banyak doa kembali dipanjatkan.. Salah satunya melalui makanan, Yu Sheng, sebagai lambang rezeki yang melimpah ruah.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Restoran Din Tai Fung menyajikan hidangan Yu Sheng dengan bentuk yang begitu menarik di tahun ini yakni ayam api. Tidak hanya bentuk yang menarik, bahan makanan yang dihidangkan juga memiliki makna yang mendalam.

Mengenal sejarah Yu Sheng, berawal dibuat di Singapura di tahun 1964 oleh empat master chef. Bahan makanan utamanya mencakup potongan ikan, seringnya salmon, yang kali ini salmon asap. Di mana, ikan memiliki makna rejeki yang melimpah untuk seluruh anggota keluarga.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Kemudian, biji wijen dan lobak putih dituangkan memiliki arti kemakmuran untuk karier dan bisnis. Selanjutnya, tambahan kacang, wortel dan pomelo atau perasan lemon yang melambangkan keberuntungan. Lobak hijau memberikan arti usia yang panjang.

Minyak yang ditaburkan, salah satunya minyak wijen melambangkan rezeki yang juga tiada habisnya. Serta taburan kerenyahan dari pangsit kecil, memberikan lambang keemasan.

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Sedikit bahan tambahan di sekeliling bahan utama yakni jahe merah, jahe putih, melon, timun, jeruk kering, kol ungu, dan selada.

Cara memakannya juga berbeda. Dimulai dari ucapan salam ‘Gong Xi Fa Chai’ dengan harapan segala doa bisa terpenuhi. Kemudian dituangkan perasan lemon di atas potongan ikan sambil mengucapkan ‘Ta Ci Ta Lie’, dengan doa rezeki berlimpah.

Selanjutnya, tambahkan taburan biji wijen dan kacang dengan ucapan ‘U Fu Ling Men’, dengan harapan kebahagiaan untuk seluruh anggota keluarga. Lalu siram dengan minyak wijen dan plum sauce dengan ucapan ‘Chai Yuen Kwang Cin’, dengan doa kekayaan untuk Anda.

Terakhir, tambahkan potongan ikan dengan ucapan ‘Nien Nien You Yi’ dan pangsit renyah dengan ucapan ‘Phien Ti Hwang Cin’ dengan harapan tahun penuh kesuksesan. Lalu seluruh anggota keluarga mengaduk-aduk Yu Seng hingga setinggi mungkin agar doanya bisa segera tercapai.

Rasa Yu Sheng ini terasa begitu segar seperti asinan khas Jakarta. Ditambah perpaduan smoked salmon yang gurih pas, serta kerenyahan dari pangsit goreng. Sangat cocok untuk dimakan saat berkumpul bersama keluarga.

Din Tai Fung, Lt. 3, Lotte Shopping Avenue

Yu sheng medium: Rp288.000 sekitar untuk enam sampai delapan orang.
Yu sheng large: Rp. 388.000 sekitar 10 orang.
Khusus takeaway, tidak bisa dibentuk seperti lambang ayam api.
Tersedia hingga 12 februari.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya