Ada Berapa Jumlah Pesawat di Dunia Saat Ini?

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pesawat terbang telah menjadi alat transportasi yang bisa diandalkan untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri dewasa ini. Selain lebih cepat, harga tiket pesawat kini juga semakin terjangkau.

Kembangkan Industri Penerbangan RI, Menhub Perkuat Kolaborasi dengan Airbus

Asosiasi Angkutan Udara Internasional (International Air Transport Association/IATA) memperkirakan, pesawat terbang komersial akan mengangkut hampir empat miliar penumpang pada tahun ini. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih besar dibandingkan 12 tahun lalu.

Untuk memenuhi lonjakan penumpang, industri penerbangan pun membutuhkan lebih banyak pesawat, seperti 737 dan A320. Namun sebenarnya berapa jumlah pesawat yang ada saat ini di dunia?

Mengerikan, Viral Video Detik-detik Pria Tewas Kesedot Mesin Pesawat

Menurut analis penerbangan Ascend, total pesawat saat ini yang melayani penerbangan mencapai sekitar 23.600. Angka tersebut mencakup pesawat penumpang dan kargo. Namun diketahui bahwa ada lebih dari 2.500 pesawat yang masih belum beroperasi.

Sementara situs web penerbangan lainnya yakni airliners.net mencatat ada 39.000 pesawat di dunia, termasuk pesawat komersial dan militer. Meski angka ini tampaknya sudah cukup besar, namun kenyataannya masih dibutuhkan lebih banyak pesawat.

Bagaimana Semua 379 Penumpang Japan Airlines Selamat dari Kebakaran Pesawat Dalam 90 Detik

Salah satu perusahaan manufaktur pesawat terbesar di dunia Boeing mengatakan bahwa terdapat kebutuhan 39.620 pesawat baru selama 20 tahun ke depan. Artinya akan terdapat sekitar 63.220 pesawat di dunia pada 2037, setelah dikurangi jumlah pesawat yang sudah tidak beroperasi lagi. 

Pesawat Boeing paling populer adalah 737, di mana lebih dari 9.000 (termasuk varian) telah dibuat sejak tahun 1967. Smentara produsen Airbus A320 telah membukukan 7.400 pesawat sejak tahun 1988. Kedua pesawat tersebut adalah yang paling banyak diproduksi sepanjang masa. 
 

Taksi terbang CityAirbus NextGen

Taksi Terbang Airbus Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

Airbus baru-baru ini memperkenalkan CityAirbus NextGen, sebuah taksi terbang bertenaga listrik yang mampu membawa empat orang dengan jarak tempuh 50 mil atau setara 80 ki

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024