Lakukan Ini untuk Hindari Sambaran Petir saat Mendaki Gunung

Ilustrasi gunung yang penuh misteri.
Sumber :
  • ANTV

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, 11 orang pendaki jadi korban sambaran petir di kawasan Gunung Prau, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Dari musibah tersebut, tercatat tiga orang meninggal dunia, sedangkan delapan lainnya mengalami luka-luka.

Ini 6 Pilihan Gunung Bagi yang Baru Mulai Hobi Mendaki

Setelah insiden tersebut, jalur pendakian Gunung Prau ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

Cuaca di gunung memang sulit di prediksi, sebaik apapun kita mempersiapkan sebuah pendakian, tetap saja terkadang harus mengalah pada alam. Selain itu, mendaki gunung, juga menjadi kegiatan penuh risiko, jika dilakukan tanpa persiapan matang.

Festival Pesona Tambora 2018 Hadirkan 8 Negara

Banyak bahaya yang mengancam para pendaki, seperti hipotermia, bahaya hewan buas, cedera akibat jalur yang licin. Untuk itu, sebaiknya mendaki dengan orang, atau teman yang berpengalaman mengenai teknis pendakian, setidaknya mereka tahu cara menghadapi bahaya-bahaya tersebut.

Memilih waktu pendakian juga sangat penting, hindari mendaki saat musim hujan, karena ada bahaya lain yang mengancam seperti jalur pendakian longsor dan bahaya tersambar petir. Untuk itu, para pendaki wajib memastikan dan memprediksi kondisi serta cuaca di gunung tujuan salah satunya petir di musim hujan.

Gunung Terkecil Dunia Dapat Dilalui Hanya Selangkah Kaki

Berikut, hal yang harus diperhatikan untuk menghindari sambaran petir ketika mendaki.

Baca artikel selanjutnya di tautan ini.

Hotel Royal Tulip Gunung Geulis

Dekat dari Jakarta, Hotel Ini Sajikan Pemandangan Khas Pegunungan

Satu tempat sediakan berbagai fasilitas liburan.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2018