Tips Terbang Bersama Peliharaan Anda

Hewan Peliharaan
Sumber :
  • Instagram/Fluffmeister

VIVA.co.id – Mungkin perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat akan terbilang meresahkan, apabila saat Anda terbang dengan membawa hewan peliharaan. Banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda terbang bersama hewan berbulu.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Terutama, bagi Anda yang memang baru pertama kali ingin mengikutsertakan hewan peliharaan bepergian jauh. Dilansir People Pets, setidaknya Anda perlu melakukan perencanaan bepergian jauh saat membawa hewan tersebut. Sebelum Anda membeli tiket pesawat, pastikan membaca saran dokter hewan.

People Pet Vet Evan Antin memiliki tiga tips sederhana, agar Anda bisa merencanakan segalanya dengan lebih mudah. Sehingga memungkinkan Anda untuk menghindari segala halangan, dan menjaga agar hewan peliharaan Anda dapat aman saat bepergian.

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

1. Lakukan penelitian sebelum membeli

"Orang harus tahu bahwa setiap maskapai penerbangan memiliki persyaratan perjalanan yang berbeda. Biasakan selalu melakukan penelitian dan pastikan Anda bersama hewan peliharaan Anda siap untuk melakukan perjalanan," kata Evan.

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

Sangat ideal untuk Anda melakukan perjalanan bersama hewan peliharaan di kabin penumpang pesawat, guna menghindari muatan kargo. Namun, setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda tentang hewan peliharaan jenis apa yang diperbolehkan di kabin, yang juga dapat bervariasi, tergantung di mana Anda bepergian.

Dengan begitu, pastikan Anda mengetahui aturan penerbangan sebelum membeli tiket.

2. Lakukan pelatihan terhadap hewan peliharaan Anda

Meskipun Anda tidak dapat dengan sempurna mensimulasikan perjalanan udara, pastikan hewan peliharaan Anda merasa nyaman berada dalam pesawat dalam waktu lama, dapat melakukan perjalanan tanpa istirahat di kamar mandi, dan dapat tetap tenang di sekitar berbagai pemandangan dan suara. Penting untuk keselamatan mereka sebelum, selama dan setelah penerbangan.

"Mempersiapkan hewan peliharaan untuk melakukan apa pun selalu yang terbaik. Mulailah dengan versi kecil dari apa pun itu. Namun, ini jelas tidak kondusif saat terbang ke pesawat penumpang," ucapnya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan termasuk membawa hewan peliharaan Anda ke tempat mereka akan bepergian dan mungkin membawa mereka ke beberapa wahana mobil, sehingga mereka bisa terbiasa berada dalam kendaraan yang bergerak," katanya.

3. Pastikan hewan peliharaan Anda cukup sehat untuk terbang

Bahkan di dalam kabin, terbang bisa menjadi pengalaman yang aneh, dan menegangkan bagi hewan peliharaan. Pastikan Anda meletakkan hewan tersebut terlebih dahulu dengan memeriksanya ke dokter hewan, bahwa mereka cukup sehat untuk menahan tekanan umum perjalanan udara.

"Masalah kesehatan tertentu dapat membuat hewan peliharaan menjadi kandidat yang kurang baik untuk perjalanan udara, termasuk kecemasan parah, penyakit jantung lanjut atau kardiovaskular lainnya, dan osteoartritis berat," kata Evan.

Evan menambahkan bahwa membius hewan peliharaan untuk penerbangan seharusnya tidak menjadi cara untuk membuat hewan tenang dan nyaman. Sadarilah bahwa banyak maskapai penerbangan tidak menerima hewan peliharaan yang telah diberi obat penenang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya