Nikmati Enam Tempat Seni Budaya Favorit di Seoul

Teater Nasional Korea Selatan
Sumber :
  • visitkorea

VIVA.co.id – Bagi Anda para penggemar pertunjukan dan seni visual, wajib berkunjung ke kota Seoul, Korea Selatan. Di sana, terdapat panduan yang menjadi keseluruhan untuk pusat seni budaya Korea khususnya.

Jadi Tempat Favorit Idol Korea dan Bebas Visa, Begini Tips Berkunjung Ke Pulau Jeju untuk First Timer

Jika Anda memiliki waktu luang, bisa dipertimbangkan untuk mengunjungi aula pertunjukan atau museum seni di sana. Pertunjukan dan kesenian yang beragam itu tentunya akan memberikan kenangan tersendiri untuk Anda.

Dilansir Visit Korea, sedikitnya ada enam tempat di Seoul yang menyuguhkan pertunjukan dan seni budaya tersebut.

5 Rekomendasi Wisata Korea Selatan, Paling Populer di 2023

Teater Nasional Korea

Sebuah tempat teater yang mewakili pertunjukan kebudayaan Korea. Didirikan pada 1950 sebagai teater nasional pertama di Asia, Teater Nasional Korea menyajikan beragam pertunjukan yang mencakup pertunjukan kesenian tradisional Korea, balet, dan pertunjukan opera. Bagi mereka, kelompok dan organisasi seni budaya terkenal di dunia pun sering mengadakan pertunjukan di sana.

Pertama Kali ke Korea Selatan? Ini 3 Destinasi Wajib Dikunjungi

Teater Nasional Korea sangat populer di kalangan wisatawan karena lokasinya di dekat Menara Seoul Namsan dan Myeong-dong. Teater ini juga mudah diakses melalui taksi atau berjalan kaki karena hanya 1,5 kilometer (km) dari Namsan Seoul Tower dan 3 km dari Myeong-dong Station.

Gedung Opera di Seoul Arts Centre

Pusat Seni di Seoul ini memfasilitasi panggung dan ruang yang mengesankan yang sesuai untuk berbagai program seni budaya dan kinerja yang akan berlangsung bersamaan, dengan Opera House menjadi sorotan utama pusat ini.

Opera House mengelompokkan berbagai jenis pertunjukan, menarik penonton dari berbagai dunia untuk melihat pertunjukan seni yang disuguhkan. Opera House dibagi menjadi tiga ruang bioskop untuk pertunjukan opera, musikal, dan balet.

Ada dua jenis teater di sana, teater Towol untuk pertunjukan opera dan teater skala kecil. Sedangkan teater Jayu untuk pertunjukan independen dan eksperimental.

Pusat Kebudayaan Multi-Kompleks Seoul, Pusat Sejong

Arsitektur tradisional Korea yang unik digabung dengan desain modern untuk menciptakan tampilan Sejong Center yang megah namun elegan. Sejong Center menyelenggarakan berbagai pertunjukan beragam genre termasuk musik tradisional Korea, klasik, dan bahkan crossover.

Teater utama, Grand Theatre, memiliki panggung yang luas dilengkapi dengan organ pipa terbesar di Asia. Sejong Centre adalah daya tarik yang populer di kalangan wisatawan karena terletak di seberang Gwanghwamun Square dan Gyeongbokgung Palace.

Seni Modern dan Kontemporer

Dengan slogan "Art museum in everyday life" atau museum seni dalam kehidupan sehari-hari, Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer (MMCA) di Seoul dicintai oleh penduduk setempat karena menampilkan karya seninya selain menjadi tempat peristirahatan estetika. Karakteristik terbesar dari atraksi ini adalah biaya masuk yang tak mahal.

Berbeda dengan museum seni lainnya di mana harganya tergantung pada pameran khusus, MMCA menawarkan tiket kombinasi dengan akses ke semua pameran dan display video. MMCA direkomendasikan untuk ditambahkan ke dalam rencana perjalanan Anda karena terletak di pintu masuk Samcheongdong-gil Road, dekat Istana Gyeongbokgung dan Istana Changdeokgung.

Museum Seni Seoul

Bangunan Museum Seni Seoul, yang dahulunya digunakan untuk Mahkamah Agung, sangat dikenal karena citra modernnya yang indah setelah menjalani renovasi. Pameran unggulan tidak terbatas pada kesenian tradisional, namun mencakup berbagai media termasuk arsitektur, film, musik, fesyen, kerajinan tangan, dan bahkan karya-karya yang tidak termasuk dalam genre tertentu.

Museum ini juga menampilkan karya seni non-Barat, seperti yang berasal dari Afrika dan Amerika Latin. Jika Anda mengunjungi Istana Deoksugung, pertimbangkan untuk menambahkan Museum Seni Seoul ke jadwal Anda karena lokasinya tepat di samping satu sama lain.

Museum Seni Hangaram di Seoul Arts Centre

Terletak di Seoul Pusat Seni, Hangaram Art Museum menampilkan berbagai seni plastik. Terdiri dari enam ruang pameran dan sebuah toko seni.

Pameran yang paling banyak ditampilkan didasarkan pada seni modern, sehingga memudahkan para pemuda untuk mendekati dunia seni. Sering dikunjungi oleh orang-orang yang menonton pertunjukan di Seoul Arts Center, Museum Seni Hangaram membuatnya nyaman untuk dijelajahi dengan ruang pameran bergaya terbuka yang menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya