Destinasi Wisata Religi Populer di Sekitar Jakarta

Masjid Dian Al-Mahri Kubah Emas Kota Depok Jawa Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Di bulan puasa, umat muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Biasanya, karena seharian berpuasa kondisi tubuh jadi sedikit lemas atau kurang segar. 

Aceh Ramadhan Festival Tawarkan Perjalanan Spritual Tradisi Budaya Aceh

Nah, untuk menyiasati agar puasa tak terlalu memberatkan, ada baiknya menghabiskan waktu dengan berlibur. Namun, karena saat ini bulan Ramadan, ada baiknya destinasi wisata pun disesuaikan dengan tema. 

Bagi Anda warga Jakarta yang ingin wisata religi namun tak mau berpergian jauh-jauh, berikut ini alternatif tujuan yang bisa Anda sambangi seperti dikutip dari CekAja.com.

Insan PNM Berprestasi Dapat Apresiasi Pergi Wisata Religi Ke Yerusalem

1. Masjid Al-Makmur Cikini

Tujuan pertama letaknya berada di Cikini, Jakarta Pusat. Masjid satu ini tergolong tua dan bersejarah karena dibangun pada tahun 1860. Bahkan, di kawasan Jakarta, Masjid Al-Makmur masuk dalam jajaran masjid tertua. 

Bakal Ada Tempat Wisata Baru di Majalengka, Namanya Kertajati Umrah Park

Dalam perjalanan sejarahnya, masjid satu ini diresmikan  oleh salah satu pendiri bangsa, K.H Agus Salim pada tahun 1932. Menariknya, meski beberapa kali mengalami perbaikan, bangunan masjid yangs aat ini bisa kita jumpai masih menunjukkan wujusnya yang asli ketika pertama kali diresmikan tahun 1932.

Karena sarat nilai budaya dan sejarah, Masjid Al-Makmur Cikini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Jakarta.

2. Masjid Perahu

Setelah puas mengunjungi masjid Al-Makmur di Cikini, saatnya bertolak menuju Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Di kawasan Jalan Casablanca, persisnya di Jalan Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.kita dapat menemukan Masjid Perahu. 

Meski punya nama asli Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, masjid ini dijuluki masjid perahu karena memiliki tempat mengambil air wudu yang bentuknya mirip seperti kapal besar. 

Pendiri masjid ini memang sengaja membentuk tempat mengambil air wudu menyerupai perahu besar karena terinspirasi dari kisah Nabi Nuh dan sebagai pelajaran bagi umat untuk mengenang dan menerapkan ajaran nabi.

Tidak hanya itu, bagian dalam masjid ini pun sangat menarik pandangan mata karena masjid ini memiliki tiang kayu jati yang diperindah dengan ukiran ayat-ayat Alquran berupa Ayat Kursi dan Surat An Nur.

3. Masjid Kubah Emas 

Selanjutnya, kita bertolak ke Depok, Jawa Barat. Di daerah yang tak terlalu jauh ditempuh dari Jakarta Selatan ini kita bisa menemukan salah satu masjid terindah di Indonesia yakni Masjid Dian Al Mahri yang memiliki kubah emas.

Masjid ini berada di kawasan Jalan Raya Maruyung, Limo, Kota Depok. Tahukah Anda, saking indahnya, masjid ini disebut-sebut sebagai salah satu dari 10 masjid paling mengagumkan di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya