Pikat Turis, Pemerintah Akan Bangun 100 Masjid

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Menteri Pariwisata, Arief Yahya berencana membangun 100 masjid di seluruh Indonesia. Pembangunan masjid itu sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

Penjelasan Menpar Terkait Okupansi di Tanjung Lesung Masih Rendah

"Saya sudah ketemu Pak Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, itu disepakati. Kita akan develop dan bangun 100 masjid yang akan kita jadikan destinasi pariwisata dengan total wisman 500 ribu," ujar Arief, saat diskusi dan buka puasa bersama di Kelapa Gading Jakarta, Utara, Selasa 20 Juni 2017. 

Arief melanjutkan, pembangunan 100 masjid ini diharapkan tidak hanya mempunyai nilai spiritualitas, tetapi juga punya sisi komersial yang bisa menjadi daya tarik. Namun, nantinya akan dilakukan dialog lebih lanjut dengan pemerintah daerah masing-masing terkait pembangunan 100 masjid ini. 

Tiket Pesawat Masih Mahal, Menpar: Industri Pariwisata Terguncang

"Bagi masjid, tidak mau enggak apa-apa, kita tidak akan memaksa. Tetapi, kalau kita tahu Masjidil Haram itu sekarang juga sudah jadi pusat pariwisata dengan daya tarik spiritualnya," katanya.

Di Masjidil Haram, kata Arief, semua sarana hotel dan fasilitas lainnya, sudah memiliki kelas internasional dan dikelola secara profesional. 

Menpar: Sirkuit Mandalika Akan Jadi Sirkuit Moto GP Pertama di RI

"Hotelnya di sana hotel internasional yang  dikelola non Muslim. Jadi aneh sekali, kalau di pusat Arab Saudi treatment-nya seperti itu, tetapi di sini kita tidak lakukan," ujarnya.

Tahun ini, Arief  menargetkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 15 juta orang. Adapun pada 2019 mendatang, dia menargetkan 20 juta wisman. (asp)

Indonesia meraih peringkat pertama destinasi wisata halal terbaik.

11 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia yang Wajib Didatangi

Dari Yogyakarta, Pekanbaru, hingga Cianjur.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2019