'Pantai' Pasir Putih Indonesia akan Hadir di Inggris

Konferensi pers Indonesian Weekend.
Konferensi pers Indonesian Weekend.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Pekan Indonesia atau Indonesia Weekend akan digelar untuk kedua kalinya di Potters Fielads Park, London, Inggris. Ajang yang dilangsungkan pada 22-23 Juli 2017 mendatang ini merupakan pekan promosi terpadu yang mengangkat destinasi wisata, budaya, kuliner, fashion dan musik.

Direktur Diplomasi Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Nadjamuddin Ramly mengatakan, di tahun sebelumnya, Indonesia Weekend berhasil menarik 30.000 orang dan 95 persen di antaranya merupakan negara asing dari 50 negara di dunia.

"Dalam diplomasi budaya di Inggris, Indonesia sudah sangat populer. Tradisi Pekan Indonesia diharapkan bisa menularkan ke negara-negara sahabat Inggris Raya agar mengerti khasanah kekayaan budaya Indonesia," ujar Nadjamuddin di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Rabu, 12 Juli 2017.

Pagelaran Indonesia Weekend tahun ini, akan mengangkat suasana ‘hangat’ Indonesia, antara lain dengan menciptakan suasana pesta pantai dengan 50 ton pasir putih.

Selain itu, Nadjamuddin menuturkan, dari sisi budaya akan ditampilkan bela diri asli Indonesia yaitu Pencak Silat. Ada pula 34 mainan tradisional Indonesia yang dipamerkan di sana, serta pertunjukan gasing yang dipimpin oleh Andi Aras.

"Gasing menjadi primadona permainan tradisional di sana. Orang Eropa heran melihat permainan gasing, bisa dililit tali dan berputar dengan cepat," kata Nadjamuddin.

Kuliner khas Indonesia juga tak ketinggalan untuk dipamerkan di sana. Chef Degan Septoadji akan memberikan demo masak makanan khas Indonesia seperti rendang, soto Betawi dan gado-gado.