4 Lokasi Menyelam Terbaik Dunia Teryata Ada di Indonesia

Ilustrasi Derawan
Sumber :
  • facebook.com/DerawanDiveLodge/AlexanderMarinecev

VIVA.co.id – Indonesia menjadi surga bagi para pencinta wisata bawah laut. Keanekaragaman spesies dan terumbu karang menjadi daya tarik wisatawan datang ke Indonesia.

Tito Karnavian Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Baru-baru ini situs internasional CNN mempublikasikan 10 destinasi menyelam terbaik di Asia. Empat diantaranya berasal dari Indonesia, yakni Derawan di Kalimantan Timur, Raja Ampat di Papua Barat, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur dan Tulamben di Bali.

Berikut ini, beberapa ulasan yang dibuat VIVA.co.id mengenai keindahan keempat destinasi tersebut dari berbagai sumber.

Bidik 20 Juta Wisman, Kemenpar Gelar Lomba Foto Bawah Laut

1. Derawan di Kalimantan Timur

Derawan menjadi salah satu destinasi incaran bukan hanya saja bagi wisatawan mancanegara, tapi juga bagi para wisatawan nusantara khususnya bagi para pecinta dunia bawah laut. Keanekaragaman biota laut, pasir putih dan kejernihan airnya membuat tempat ini menjadi primadona.

Pesona Pulau Mincau di Pesisir Barat Indonesia

Derawan sendiri merupakan rumah bagi beberapa jenis hiu. Di sini wisatawan dapat menemukan setidaknya 460 jenis karang, dan lebih dari 870 jenis ikan. Mulai dari kuda laut kerdil hingga manta raksasa.

Jika beruntung wisatawan dapat menyaksikan segerombolan manta lewat ketika kalian tengah diving. Selain melakukan kegiatan menyelam, wisatawan pun dapat menyaksikan pemandangan penyu yang bertelur di pinggir pantai, sebab di tempat ini juga menjadi rumah bagi kura-kura hijau langka dan penyu sisik.

2. Raja Ampat di Papua Barat

Pulau ini menjadi destinasi terbaik untuk menyelam di Indonesia, dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, keanekaragaman ikan, dan keanekaragaman jenis terumbu karang. Beberapa survei ilmiah mengungkapkan bahwa Raja Ampat memiliki 603 spesies karang yang mewakili lebih dari 75 persen spesies di dunia.

Dengan ekosistem dan kelimpahan spesies yang kaya, Raja Ampat adalah segitiga koral Indonesia. Beberapa tempat menyelam di raja ampat ini dapat memberikan pengalaman menarik. Para penyelam akan menemukan berbagai jenis ikan dan biota laut yang keren di sini.

Tim peneliti mendata kerusakan karang yang disebabkan kandasnya Kapal MV Caledonian Sky berbendera Bahama di perairan Raja Ampat, Papua Barat.

Ada beberapa pulau di Raja Ampat yang patut dikunjungi bagi para penyelam. Antara lain: Pulau Misool, yang dijuluki 'kaleidoskop', dengan  keistimewaan  memiliki berbagai warna terumbu karang, kuda laut pygmy, ikan ghostpipe dan beberapa lainnya untuk menjadi subjek ideal untuk fotografi.

Kemudian Teluk Cenderawasih, rumah bagi hiu paus. Ada hubungan khusus antara raksasa lembut ini dan nelayan setempat. Mereka secara tradisional memberi makan ikan hiu paus untuk membawa keberuntungan.

3. Pulau Komodo

Tempat ini tidak hanya terkenal sebagai ruang bagi hewan endemik asli Indonesia, Komodo saja. Pulau ini juga menjadi salah satu tempat menyelam terbaik selain Raja Ampat di bagian timur Indonesia. Ada beberapa destinasi terbaik yang bisa dimasukkan sebagai daftar liburan kalian.

Batu Bolong atau 'Hollow Rock' adalah salah satu tempat menyelam khas Kepulauan Komodo karena kehidupan ikan di sini beragam. Dari daerah perairan yang lebih dalam wisatawan dapat melihat ikan napoleon dan hiu karang whitetip dan penyu sisik.

Turis menikmati pemandangan laut di kawasan perairan sekitar pulau Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (26/4).

Canibal Rock terletak di sebelah selatan Pulau Rinca, sebelah timur Komodo, dan satu kilometer di lepas pantai utara Nusa Tenggara. Wisatawan dapat melihat keragaman kehidupan laut yang fenomenal begitu Anda memasuki air. Ini adalah situs menyelam kelas dunia dan salah satu yang terbaik di daerah ini.

GPS Point, terletak di sebelah timur laut Pulau Gili Banta, 10 kilometer timur laut Komodo, GPS Point yang terkenal adalah suatu yang dianggap sebagai tempat menyelam terbaik di utara Komodo. Banyak ikan dan sering berkerumun dengan tuna dogtooth, dan kuda laut besar dan surgeonfish.

4. Tulamben di Bali

Tempat menyelam yang sangat baik di Tulamben, Bali adalah di daerah kapal Wreck (USAT Liberty Cargo), Paradise Reef dan Drop Off (dinding yang benar-benar kasar). Daerah ini adalah lokasi selam scuba diving terbaik di seluruh Bali.

Lebih jauh ke timur, sekitar 15 menit berlayar menggunakan kapal nelayan kecil, Anda akan menemukan tempat menyelam lainnya yang dikenal dengan Terumbu karang Alamanda dan Batu Kelebit. Sedangkan di sebelah barat Tulamben, Anda akan berada di desa Kubu dengan pantainya memiliki karang yang masih asli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya