Asyik, Jalan-jalan ke Candi Gratis Selama Agustus

Sensasi berkuda menyusur Candi Gedong Songo
Sumber :
  • VIVA co.id/ Dwi Royanto

VIVA.co.id – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menggratiskan seluruh biaya masuk di sejumlah situs candi di wilayahnya. Kebijakan itu dilakukan selama momentum Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Mudik Diperbolehkan, Semarang Tawarkan Wisata Kumpul Kebo

Di Jawa Tengah, pembebasan biaya itu telah dimulai sejak 1 hingga 30 Agustus 2017 nanti. Selain bertepatan momentum kemerdekaan, cara itu juga untuk semakin meningkatkan minat masyarakat mengunjungi situs cagar budaya. 

"Harapannya memang agar masyarakat semakin minat datang ke situs cagar budaya. Ini kerja sama juga dengan Kemendikbud," kata Pengawas BPCB Jateng Wilayah Candi Gedongsongo Kabupaten Semarang, Ngatno, Minggu, 20 Agustus 2017.

Sebelum Berangkat, Ini 10 Tips Bertualang ke Curug Lawe

Sejumlah situs candi yang gratis itu antara lain, candi Gedongsongo di Kabupaten Semarang, candi Sukuh dan Cetho Karanganyar, kawasan Candi Dieng Wonosobo dan Banjarnegara, Candi Selogriyo di Magelang, serta Candi Plaosan.

Di candi Gedongsongo sendiri, kata Ngatno, program gartis masuk situs candi sendiri disambut antusias masyarakat. Apalagi, candi di wilayahnya merupakan peninggalan bersejarah yang punya daya pikat sangat tinggi selama ini.

Penutupan Candi Borobudur dan Prambanan Diperpanjang hingga 11 April

"Jumlah pengunjungnya sampai rata-rata 200 orang lebih. Paling banyak saat weekend. Pengunjungnya naik 30 persen," katanya.

Untuk diketahui, Gedongsongo sendiri memang punya spot-spot menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan bisa leluasa masuk ke arena outbond serta wisata berkuda menyusuri jalan-jalan setapak hingga menuju ke kompleks candi kesembilan. Pengunjung juga bisa menikmati pemandian air panas yang berada tepat di lereng Gunung Ungaran.

"Jadi  inilah kesempatan kita untuk membuka akses bagi masyarakat yang ingin berlibur secara gratis," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya