Lion Air Buka Rute Baru Manado-Sorong-Jayapura

Pesawat Lion Air.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Maskapai penerbangan nasional, Lion Air membuka rute baru ke Indonesia Timur, yaitu Manado-Sorong-Jayapura. Dengan rute baru ini, diharapkan dapat semakin mempermudah para penumpang untuk bepergian menggunakan transportasi udara ke wilayah timur Indonesia.

Terpopuler: Peluncuran Rudal Balistik India hingga Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai

“Penambahan rute ini, sejalan dengan harapan pemerintah untuk ikut mengembangkan air connectivity, atau konektivitas udara untuk menunjang pariwisata," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai, di Manado, Kamis 24 Agustus 2017.

Ia menyampaikan, seiring dengan pertumbuhan industri pariwisata dan peningkatan penggunaan transportasi udara, pihaknya senantiasa mendukung terwujudnya konektivitas transportasi udara melalui pelayanan bandara

Peluncuran Rudal Balistik India di Teluk Benggala 'Paksa' Lion Air Mendarat di Kualanamu

"Pilihan bagi calon penumpang untuk mengatur jadwal penerbangan semakin bertambah dengan adanya penambahan rute baru ini. Dari sisi pelayanan bandara, tentunya kami terus berbenah untuk mengimbangi penambahan rute tersebut," ujarnya.

Sebab, kunci sukses pengembangan industri pariwisata, kata dia, yakni melalui konektivitas udara merupakan kolaborasi antara program pemerintah, maskapai, dan bandara.

Viral! Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai, Ini Penjelasan Manajemen

"Penerbangan perdana Lion Air untuk rute tersebut dilaksanakan Rabu 23 Agustus 2017 kemarin dengan nomor penerbangan JT 796 berangkat ke Sorong dari Bandara Sam Ratulangi Manado menggunakan pesawat Boeing 737bseri 900," kata dia lagi.

Dengan bertambahnya rute baru tersebut, saat ini Bandara Sam Ratulangi Manado melayani kurang lebih 25 rute penerbangan domestik, dan tujuh rute penerbangan internasional yang didominasi penerbangan carter.

Ada delapan maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Samrat Manado, tujuh diantaranya melayani rute domestik, yakni Garuda Indonesia melayani tujuh rute, Sriwijaya Air melayani rute Manado-Ternate, Citilink melayani tiga rute, Batik Air melayani rute Manado-Jakarta, Lion Air melayani delapan rute, Wings Air melayani 19 rute, dan NAM Air melayani enam rute.

Sedangkan Silk Air, menjadi satu-satunya airlines yang melayani penerbangan regular internasional dengan rute Manado-Singapora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya