Rekomendasi Lima Tempat Libur Panjang Idul Adha di Jakarta

Suasana Liburan di Ancol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Libur Idul Adha menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu libur panjang Idul Adha, VIVA.co.id memberikan beberapa alternatif wisata yang dapat dikunjungi.

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

Jika Anda berniat menghabiskan libur Idul Adha dan akhir pekan bersama keluarga di Jakarta, Anda bisa pergi ke tempat wahana hiburan favorit berikut ini.

1. Taman Margasatwa Ragunan (TMR)

Akan Hadir Konsep Baru Menelusuri Jakarta dari Masa ke Masa Melalui Berbagai Pintu

Harga tiket masuk yang ramah bagi semua kalangan masyarakat, menjadikan taman ini sebagai lokasi paling favorit untuk dikunjungi masyarakat ketika hari libur tiba. Selain itu, pengunjung dapat bercengkerama dengan sanak keluarga di sini dengan berpiknik sambil menyantap makan siang atau sekadar ngemil. Tempat ini juga menjadi sarana edukasi orang tua terutama yang memiliki anak usia sekolah untuk mengenalkan anaknya beragam satwa mulai dari primata, burung, hingga reptil.

Tahun ini, wisatawan yang ingin mengunjungi Ragunan harus tahu bahwa untuk masuk ke tempat ini, pihak pengelola telah memberlakukan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik (e-money) yakni Jakcard. Orang dewasa akan dikenai biaya sebesar Rp4.000 dan anak-anak sebesar Rp3.000.

Bangkitkan Wisata, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Cara Ini

2. Monumen Nasional (Monas)

Ikon kota Jakarta menjadi lokasi favorit liburan bagi masyarakat, baik warga Jakarta maupun di luar Jakarta. Salah satu lokasi yang paling diminati masyarakat adalah kawasan taman di pelataran sekitar Monas. Di sini banyak warga yang melakukan aktivitas piknik dengan menggelar alas tikar, sambil menyantap makan siang di bawah pohon-pohon rindang, dan ditemani oleh hembusan angin sepoi-sepoi.

Tapi, sebagian lainnya, ada yang memilih masuk ke Tugu Monas untuk melihat keindahan Jakarta dari atas puncak Monas. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan 48 diorama menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Di sini pula terdapat sebuah ruang kemerdekaan, yang menjadi tempat penyimpanan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Untuk dapat masuk ke Tugu Monas, wisatawan perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 untuk dewasa, dan Rp10.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk memasuki cawan Monas dikenakan biaya Rp7.500 untuk orang dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Replika Nusantara ini menjadi lokasi favorit masyarakat sebagai destinasi liburan. Beragam aktivitas dapat dilakukan di kawasan ini mulai dari bersepeda, piknik, mengunjungi rumah-rumah adat nusantara, berenang, bermain di istana anak, menaiki kereta gantung hingga menonton film di Theater IMAX Keong Mas atau berkunjung ke taman burung.

Tempat ini juga sebagai sarana edukasi masyarakat. Sebab di tempat ini terdapat beragam museum seperti PP IPTEK, museum transportasi, museum keprajuritan, museum minyak dan gas bumi, museum Indonesia Komodo, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke tempat ini, Anda harus membayar tiket perorangan (tiga tahun ke atas) sebesar Rp10.000, untuk mobil Rp10.000, bus/trukRp30.000 motor Rp6.000, sepeda Rp1.000.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat ini masih menjadi lokasi favorit masyarakat untuk berlibur. Sepanjang pesisir pantai dijadikan lokasi favorit masyarakat untuk bercengkerama bersama keluarga sambil makan ditemani sepoi-sepoinya angin laut yang berhembus.

Di sekitar sini pun banyak yang menawarkan jasa mengelilingi laut di Ancol menggunakan kapal kayu. Selain pantai, lokasi lain pun menjadi primadona untuk dikunjungi seperti Dunia Fantasi, Sea World, Ocean Dream Samudra, Atlantis, hingga Ecopark. Untuk masuk ke tempat ini pengunjung harus membayar tiket gerbang masuk Ancol perorangan sebesar Rp25.000, tiket masuk mobil sebesar Rp 25.000, tiket masuk motor sebesar Rp 15.000, tiket masuk bus sebesar Rp45.000.

5. Planetarium Jakarta

Bagi Anda yang bosan mengunjungi destinasi wisata di Jakarta yang itu-itu saja, dan ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda di Jakarta, mungkin Planetarium menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu Anda coba. Wisata pengetahuan astronomi (perbintangan) ini bisa dikunjungi di kawasan Taman Ismail Marzuki melalui pertunjukan teater bintang.

Sayangnya, ruang tersebut ditutup sejak 8 April lalu untuk melanjutkan proses perbaikan komponen proyektor utama M-VIII. Namun ruang pameran astronomi tetap dibuka seperti biasa.

Selama kegiatan pertunjukan ditutup, pihak observatorium Planetarium membuka peneropongan matahari, yang terbuka untuk umum secara gratis. Untuk menyaksikan kegiatan ini perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya