Tips Terhindar dari Post Vacation Blues

Ilustrasi malas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sering di antara kita terutama bagi para pekerja mengalami yang namanya post vacation blues usai menjalani serangkaian liburan panjang. Vacation blues merupakan kehilangan semangat pasca kembali dari liburan panjang.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Kita pun kerap dilanda perasaan sedih yang muncul setelah pulang dari berlibur ke luar kota. Dan muncul rasa malas ketika harus kembali ke rutinitas bekerja sehari-hari.

Kita pun butuh beberapa hari untuk mengembalikan mood baik ke rutinitas. Untuk mengatasi hal tersebut, VIVA.co.id akan memberikan beberapa rangkuman tips untuk mengatasi vacation blues tersebut, yang dilansir dari India Times, Rabu 6 September 2017.

Tips Berlibur di Akhir Pekan yang Menyenangkan

1. Jangan langsung bekerja setelah berlibur

Kesalahan yang sering dilakukan oleh kita adalah tidak menyisihkan waktu (memberi jeda) satu hari untuk sejenak beristirahat sebelum akhirnya kembali ke rutinitas awal.

Enam Cara Hadapi Stres Saat Liburan

2. Membuat koleksi foto atau video

Kumpulkan semua foto dan video selama perjalanan liburan Anda dan tontonlah bersama teman atau orang yang pergi liburan bersama Anda.

Dengan adanya ini, Anda akan mengingat sedikit kegembiraan dari perjalanan terakhir Anda. Hal ini dianggap bisa membantu Anda dalam mengatasi post vacation blues.

3. Tuliskan segala sesuatu yang baik yang terjadi selama perjalanan

Karena tujuan kita melakukan perjalanan untuk kembali dengan perspektif baru dan energi baru. Dengan ini mood baik Anda akan kembali secara bertahap.

4. Jadikan liburan Anda yang lalu sebagai energi baru untuk memulai rutinitas kembali

Biarkan liburan Anda menjadi sumber inspirasi bagi Anda. Ambil nilai positif selama perjalanan Anda dan taruh dalam rutinitas, itu akan memastikan Anda tidak merasa bosan ketika kembali ke rutinitas.

5. Berhenti melamun dan melakukan apa yang harus Anda lakukan

Anda harus menyadari pula bahwa liburan Anda telah usai. Anda pun harus mengingatkan dalam diri bahwa kita tidak bisa membayar sewa rumah atau kembali berlibur kalau kita hanya melamunkan masa senang kemarin dan menggerutu ketika harus kembali dengan rutinitas yang harus dijalani. 

Jadi, Anda harus kembali ke kenyataan dan melakukan apa yang harus dilakukan.

6. Rencanakan liburan Anda berikutnya

Untuk melawan post vacation blues, adalah dengan membuat rencana liburan Anda berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya