Karekare, Air Terjun Selandia Baru dari Film Top The Piano

Karekare Waterfalls, Selandia Baru
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Jangan pikir ketika mengunjungi Auckland, Selandia Baru, Anda tak akan mendapatkan kesempatan menikmati pemandangan alam. Meskipun Auckland merupakan salah satu kota besar di Negeri Kiwi, namun banyak sekali destinasi wisata alam yang ada di sekitarnya.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Karekare Waterfalls, air terjun yang cukup populer lantaran pernah menjadi lokasi syuting The Piano, film drama Selandia Baru tahun 1993 yang menuai sejumlah penghargaan internasional. Sebut saja penghargaan Palme d'Or di Cannes Film Festival dan tiga piala dari delapan nominasi Academy Awards (Oscars) pada Maret 1994.

Karekare Waterfalls berlokasi tepatnya di bagian barat Waitakere Ranges Regional Park, dekat desa Karekare. Anda bisa mencapainya dengan berkendara kurang lebih selama 45-60 menit dari Auckland. Pengunjung juga tidak dipungut biaya untuk masuk ke lokasi ini.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Ketika VIVA berkunjung ke Karekare Waterfall dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ), Minggu, 10 Desember 2017, cukup mengejutkan bahwa air terjun ini ternyata sangat mudah dicapai.

Hanya membutuhkan waktu lima menit berjalan kaki menuruni bukit dan Anda sudah sampai di air terjun cantik ini. Bus wisata yang kami tumpangi juga hanya parkir di pinggir jalan Lone Kauri Road, yang letaknya tepat di depan jalan setapak yang membawa kami ke air terjun tersebut. Saat sampai di sana, terlihat beberapa penduduk lokal tengah berenang atau sekadar bermain air.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Tak heran, karena banyak rumah warga yang ada di wilayah perbukitan ini. Di bulan Desember seperti sekarang, di mana musim panas telah tiba, penduduk lokal memang biasa piknik di sekitar lokasi air terjun.

Pemandangan dari Karekare Waterfalls, Selandia Baru

Melihat anak-anak berenang dan bersenang-senang di danau mungil yang tercipta dari air terjun di tengah hutan yang indah, rasanya persis seperti melihat adegan yang biasa ada di film. Jika tak ingat sedang bekerja, kami pasti sudah nyemplung dan berenang di air terjun tersebut.

Anda juga bisa naik ke bukit untuk mencapai bagian atas air terjun, dengan berjalan kaki selama 30 menit via Taraire tramping track. Di atas juga ada spot berenang yang asyik. Jangan lupa membawa handuk, ya.

Namun, jika Anda tidak berencana menyewa mobil di Auckland, jangan khawatir. Anda tetap dapat mengunjungi air terjun ini dengan mengikuti tur seperti yang kami ikuti, yakni Piha Karekare Rainforest Wine Adventure dari agen perjalanan NZWINEPRO Auckland Wine Tours.

Mereka menawarkan sejumlah tur yang akan membawa Anda ke destinasi-destinasi wisata di sekitar Auckland sebelum menuju beberapa winery (pabrik wine) dan kebun anggur, untuk mencicipi deretan wine terbaik di Selandia Baru. Seru kan?

Liburan sudah jadi keharusan di akhir tahun seperti saat ini. Jangan khawatir kalau kantong tipis. Soalnya ada satu destinasi murah, tapi seru banget. Yup lihat saja langsung di video VIVA ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya