Auckland, Kota yang Berdiri di Atas 50 Gunung Berapi

Kota Auckland, Selandia Baru.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Jika selama ini Anda berpikir Kota Wellington adalah kota paling besar di Selandia Baru karena statusnya sebagai ibu kota, maka Anda salah besar.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Auckland adalah kota terbesar dan paling padat penduduk di Selandia Baru. Luasnya mencapai 1.086 kilometer persegi. Penduduk kota yang berlokasi di Pulau Utara ini berjumlah 1.354.900 jiwa (Juni 2010).

Saat VIVA berkunjung ke Auckland, dalam rangka memenuhi undangan dari Tourism New Zealand (TNZ) baru-baru ini, Monique Vallom, Destination Media Coordinator Auckland Tourism, Events and Economic Development berbagi sejumlah fakta menarik tentang kota ini.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kota Auckland, Selandia Baru.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

-Lalu lintas Kota Auckland bisa dibilang cukup macet. Banyak warga setempat yang mengeluhkan hal ini. Meski tidak semacet Jakarta, namun pembangunan kereta bawah tanah besar-besaran yang sedang berlangsung saat ini membuat sejumlah ruas jalan di sana padat. Terutama di jam-jam sibuk, seperti jam berangkat dan pulang kerja.

-Auckland bisa dibilang minim kendaraan umum atau transportasi publik. Hanya ada sedikit sekali bis dan kapal feri. Taksi terbilang cukup banyak. Sedikitnya jumlah kendaraan umum karena penduduk Selandia Baru sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak, sehingga pemerintah setempat tidak menganggap transportasi publik perlu diperbanyak.

Kota Auckland, Selandia Baru.

-Menurut International Housing Affordability Survey, tahun ini Auckland menempati posisi keempat dalam daftar kota dengan harga rumah termahal di dunia.

-Salah satu fakta yang paling menarik adalah Kota Auckland memiliki lebih dari 50 gunung berapi. Beberapa yang populer adalah Gunung Pigeon dan Gunung Rotskill. Namun, gunung-gunung itu sudah lama berstatus tidak aktif. Puluhan gunung tadi terbentuk dari sumber magma yang berlokasi 100 kilometer di bawah Kota Auckland.

-Auckland ternyata pernah menjadi ibu kota Selandia baru selama 25 tahun, yakni pada tahun 1842-1865. Kini yang menjadi ibu kota adalah Wellington.

Kota Auckland, Selandia Baru.

Kota Auckland, Selandia Baru.

-Kota ini juga memiliki populasi orang Polinesia terbesar di dunia. 28 persen populasi penduduk Auckland adalah orang Polinesia. Budaya mereka juga sangat kental terlihat di pasar Otara dan festival tahunan Pasifika.

-Auckland terkenal dengan sebutan 'city of sails' atau kota pelayaran. Itu karena posisinya di antara Pelabuhan Waitemata dan Manukau. Kota ini juga merupakan kota terbaik bagi pecinta yacht.

Kota Auckland, Selandia Baru.

-Anda bisa berjalan dari Samudera Pasifik ke Laut Tasman hanya selama empat jam. Fakta ini lantaran posisi Auckland berada di antara pelabuhan alami. Anda bisa berjalan menempuh jalur Coast-to-Coast sepanjang 16 kilometer dari Pelabuhan Waitemata yang berseberangan dengan Samudera Pasifik menuju Pelabuhan Manukau yang bersemarangan dengan Laut Tasman. (ren)

VIVA beberapa waktu lalu traveling ke hotel paling ekstrem di Indonesia, menggantung di tebing setinggi 500 meter! Perjalanannya seru dan menantang! Pemandangannya ciamik banget! Cek aja di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya