Menjelajahi Gua Sunyaragi yang Penuh Misteri

Gua Sunyaragi di Cirebon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Gua Sunyaragi adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Cirebon. Selain karena bentuknya yang unik, ada mitos menarik yang harus Anda tahu mengenai situs ini.

Ini Dia 5 Lokasi Wisata Cirebon Paling Populer dari Masa ke Masa

Konon katanya, ada sebuah patung yang bisa bikin Anda sulit mendapat jodoh. Ini berlaku buat para lajang. Patung tersebut adalah patung batu Perawan Sunti. Dalam sejarah Cirebon, patung ini punya dua makna.

Pertama, patung ini dikaitkan dengan sosok Putri Ong Tien yang konon hamil tanpa persetubuhan. Kedua, sosok Perawan Sunti dikaitkan dengan sosok Putri Sultan Cirebon yang tidak pernah menikah hingga akhir hayatnya.

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Bisa Dikunjungi dalam 1 Hari

Sayangnya, patung yang kini ada di Gua Sunyaragi itu hanya replika. Patung asli Perawan Sunti disimpan di Belanda.

"Patung asli Perawan Sunti kini disimpan di Belanda," kata Regina, pemandu wisata rombongan pewarta Kementerian Pariwisata, Jumat, 22 Desember 2017.

Liburan ke Cirebon, Ini Lokasi Wisata dan Tempat Nginep yang Hits

Posisi patung ini berada di tengah-tengah kolam pemandian putra-putri raja. Tepatnya di depan Gua Peteng.

Gua Sunyaragi berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta, yakni sunya yang berarti sepi dan ragi berarti raga.

Konon, gua ini awalnya dibangun sebagai tempat meditasi dan istirahat para Sultan Cirebon dan keluarganya. Gua ini merupakan cagar budaya Cirebon dengan luas mencapai 15 hektare.

Taman Sari Gua Sunyaragi ini memiliki dua bagian, yakni pesanggrahan yang terdiri atas serambi, ruang ibadah, kamar mandi, kamar rias, ruang tidur juga dikeliliingi taman serta kolam.

Sementara itu, bangunan gua berbentuk candi dengan bagian luar bermotif batu karang. Bangunan gua dilengkapi dengan terowongan penghubung bawah tanah dan memiliki saluran air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya