Berenang Bareng 'Ikan Dewa' di Kuningan, Wajib Coba!

Wisata Pemandian Cibulan Kuningan Jawa Barat
Sumber :
  • Viva.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Kuningan adalah kabupaten yang wajib Anda kunjungi saat berada di Cirebon. Jaraknya sekitar satu jam dari pusat kota penghasil udang ini. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Di antara puluhan destinasi wisata menarik di kabupaten ini, wisata pemandian Cibulan adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan. Di sini Anda dapat berenang bersama ikan dewa atau ikan kancra bodas (Labeobarbus Dournesis).

Konon, ikan ini merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang lalu dikutuk menjadi ikan. Mitos lainnya, diceritakan oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, adalah jumlah ikan ini tidak pernah berkurang atau bertambah. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Mitos mengatakan bahwa ikan ini jumlahnya tetap, tidak berkurang atau bertambah," kata Acep saat audiensi bersama Forum Wartawan Kementrian Pariwisata RI, di rumah dinas bupati Kuningan, Jawa Barat. 

Ikan ini, konon katanya, hanya bisa ditemui di Kuningan saja lho. Ikan dewa adalah ikan jinak dengan kepala hitam, sisik besar dan cula kecil di bagian bawah dekat insang. Anda juga bisa lho berenang bersama atau merasakan sensasi ciuman 'prajurit' Prabu Siliwangi ini dengan bantuan pawang. 

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Selain berenang bersama prajurit Prabu Siliwangi, ada beberapa area hiburan yang disuguhkan di pemandian ini seperti panahan mini, terapi ikan, sepeda gantung hingga sepeda air. Semuanya dibanderol harga sangat murah yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai Rp20 ribu saja.

Anda juga bisa mencari kesegaran dari tujuh mata air yang ada di pemandian ini. Setiap mata air diyakini punya khasiat masing-masing. Sumur tersebut antara lain sumur Kejayaan, Keselamatan, Pengabulan, Kemulyaan, Cisadane, Cirencana dan Kemudahan.

Suasana di pemandian ini sangat sejuk dan asri sehingga sangat cocok untuk bersantai dan mencari udara segar. Untuk masuk Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp20 ribu saja. Murah, kan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya