7 Paspor Tercantik se-Dunia, Indonesia Ranking Berapa?

Ilustrasi paspor.
Sumber :

VIVA – Paspor menjadi barang bawaan wajib ketika berkunjung ke luar negeri. Selain mencantumkan identitas pemiliknya, paspor juga berfungsi sebagai izin masuk ke wilayah negara lain.

Pria Ini Rela Mudik ke Aceh Pakai Paspor karena Transit Dulu di Kuala Lumpur

Ada beberapa negara yang mendesain khusus paspornya dengan hiasan yang menjadi ikon negara tersebut. Berikut ini negara dengan desain paspor terindah di dunia, seperti dilansir dari laman Seasia.  

1. Norwegia

Polisi Malaysia Tangkap 3 Orang Pemasok Senjata Api ke Warga Israel


Paspor Norwegia yang baru menampilkan desain modern yang didominasi tiga warna: merah terang, biru kehijauan, dan abu-abu terang. Dalam lembaran paspor ini menampilkan bayangan sebuah gunung di bawah sinar matahari. Di bawah sinar Ultraviolet, gambar ini berubah menjadi cahaya Aurora Borealis di malam hari.

2. Australia

Nasabah Bisa Urus Biaya Paspor hingga Haji Khusus via Aplikasi Muamalat DIN

Tanpa perlu mengandalkan sinar Ultraviolet, halaman awal paspor terbitan Australia memiliki desain dan warna yang sangat cantik. Ia menampilkan berbagai flora dan fauna khas Australia seperti kanguru dan platipus.

3. Finlandia

_LXxlXSCyLY

Paspor terindah ketiga di dunia dipegang oleh Finlandia. Selain tampilan warna burgundy, yang menarik dari paspor ini adalah adanya gambar rusa yang sedang berjalan santai, seolah melintasi halaman paspor itu.

4. Hungaria

Menggunakan skema warna merah anggur dan merah klasik Eropa, paspor Hungaria menjadi paspor yang terindah keempat. Yang membuat paspor negara ini cantik adalah adanya gambar not balok dari lagu Szózat, salah satu lagu kebangsaan Hungaria. Delapan baris pertama pada lirik lagu itu juga dituliskan di salah satu halaman paspor. Untuk melihat pemandangan cantik itu, Anda perlu menempatkan paspor di bawah lampu sinar Ultraviolet.

5. Kanada

4vwnoCvVtXA

Paspor Kanada menempati posisi kelima sebagai paspor tercantik di dunia. Alasannya, pada paspor ini Anda bisa melihat bangunan bersejarah Kanada, tokoh terkenal, air terjun dan daun maple.

Tak hanya itu saja, jika Anda melihat paspor tersebut di bawah sinar Ultraviolet, akan tampak kembang api, angsa, daun tripy dan masih banyak lainnya. Seni tersembunyi itu berfungsi ganda sebagai keamanan untuk menghindari pemalsuan paspor.

6. Indonesia

Negara kita masuk di posisi keenam sebagai paspor terindah di dunia. Halaman paspor berwarna biru dan emas, dan menampilkan gambar indah flora dan fauna khas Indonesia. Selain itu, terdapat komodo, bunga Rafflesia, badak, burung, ikan, ondel-ondel dan masih banyak lagi.

7. Irlandia

Paspor Irlandia yang baru, dirancang dengan menampilkan gambar-gambar landmark Irlandia yang terkenal seperti Croagh Patrick, Kylemore Abbey dan Croke Park. Selain gambar-gambar tersebut, ada pula gambar musik, tarian Irlandia dan permainan Gaelik.

Pernah ingin merasakan sensasi tidur di tebing? Ternyata di Indonesia sudah ada lho hotel tebing, tertinggi di dunia lagi. Wow! Lihat liputan lengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya