Tiga Lokasi Paling Instagramable di Sumatra Barat

Lembah Anai dari sudut pandang jembatan rel kereta di Kota Padang, Sumatera Bara
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Jika menyebut Sumatra Barat atau Minangkabau, tentu saja tidak akan lepas dari kuliner dan destinasi wisata. Sumatra Barat adalah salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meski Penumpang Melonjak, Pelaksanaan Angkutan Lebaran 2023 di Sumbar Diklaim Lancar

Destinasi-destinasi wisata alam, sejarah, budaya hingga kuliner menjadi daya tarik istimewa bagi para pelancong. Tak sedikit turis yang datang lagi untuk menikmati keindahan alam Minangkabau dan mencicipi lezatnya ribuan pilihan kuliner khas Ranah Minang.

Dari sekian banyak objek wisata di Sumatra Barat, terdapat tiga destinasi yang kerap dikunjungi wisatawan, yaitu Pelabuhan Teluk Bayur, Masjid Raya Sumbar, dan Jembatan Kereta Api Lembah Anai. Ketiga objek itu dianggap juga paling instagramable atau terbaik untuk berfoto dan diunggah di media sosial Instagram.

LKAAM Sumbar Haramkan Menag Yaqut Injakkan Kaki di Minangkabau

Pelabuhan Teluk Bayur

Pelabuhan Teluk Bayur di Kota Padang awalnya bernama Emmahaven dan dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda antara tahun 1888 hingga 1893.

Batik Air Menuju Minangkabau Balik ke Soetta, Ini Penjelasan AP II

Pelabuhan Teluk Bayur di Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain salah satu infrastruktur Destinasi Kepariwisataan Sumatra Barat, Pelabuhan Teluk Bayur juga berfungsi sebagai pintu gerbang antarpulau serta pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor dari dan ke Sumatra Barat. 

Tak sedikit turis lokal maupun mancanegara yang datang ke lokasi ini, meski hanya untuk melihat secara langsung hingga mengabadikan dalam bentuk foto maupun video. Pelabuhan Teluk Bayur juga menjadi lokasi favorit para fotografer.

Turis mancanegara juga banyak yang berlayar ke Kepulauan Mentawai melalui Pelabuhan Teluk Bayur. Sejumlah kapal pesiar hingga kapal latih TNI Angkatan Laut, Dewa Ruci dan Bima Suci, juga pernah bersandar di pelabuhan itu. 

Masjid Raya

Masjid Raya Sumatra Barat menjadi masjid terbesar di provinsi Sumatra Barat. Terletak di kawasan Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Masjid Raya di Kota Padang, Sumatera Barat.

Masjid sebenarnya masih dalam tahap pembangunan sejak peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007. Walau belum rampung, masjid itu sudah dipakai untuk tempat ibadah, dan sering pula dijadikan salah satu objek wisata religi. 

Bahkan hampir setiap hari, halaman Masjid Raya Sumbar selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Arsitektur bangunan masjid yang khas dan unik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lembah Anai

Kawasan Lembah Anai ialah salah satu kawasan air terjun yang terkenal bahkan sudah menjadi maskot pariwisata di Sumatra Barat. Air terjun setinggi 35 meter itu merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Lembah Anai dari sudut pandang jembatan rel kereta di Kota Padang, Sumatera Bara

Kawasan itu juga memiliki salah satu peninggalan sejarah, yakni rel kereta api Lembah Anai. Jalur kereta dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pada masa itu, rute lintasan kereta api untuk mengangkut hasil bumi.

Jalur kereta itu tak lagi beroperasi sehingga jembatan rel di sana dijadikan salah satu objek wisata untuk berswafoto atau selfie. Lokasi strategis dianggap memberi kesan tersendiri bagi para wisatawan. 

Walau berisiko, para pengunjung tetap ramai. Mereka menganggap panorama gerbang masuk Kota Padang Panjang dan kawasan Lembah Anai yang diambil dari atas ketinggian jembatan rel itu lebih bagus ketimbang diambil dari bawah jembatan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya