Wisata Seru Berenang Bersama Paus Hiu

Hiu paus atau Rhincodon typus
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Berenang bersama dengan lumba-lumba atau pari manta menjadi hal yang umum dijalani oleh wisatawan ketika mengunjungi kawasan pantai. Tapi bagaimana jika Anda berenang bersama dengan ikan terbesar di dunia? Mengapa tidak! 

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Meksiko telah menciptakan pengalaman seru nan menyenangkan bagi wisatawan yang datang ke negaranya. Wisatawan yang berkunjung ke barat laut Meksiko bisa mengikuti tur berenang bersama dengan hiu paus.

Dilansir dari laman Star2, saat Oktober binatang dengan nama latin Rhincodon typus ini akan mendekati bibir pantai. Para wisatawan dapat berkumpul di sana kemudian menaiki kapal dengan 10 orang untuk kemudian berenang bersama hiu paus.

Will Smith Penasaran dengan Salah Satu Wisata Alam di Sukabumi

"Ini adalah hewan tropis, sangat lembut, yang bisa Anda nikmati bersama, dan berjalan maksimal delapan kilometer per jam," kata Fabricio Mujica, yang menangani sesi dekat ini di La Paz Bay, di Baja California, Meksiko.

Nantinya, mesin kapal pun dimatikan agar tidak menakut-nakuti hewan itu. Kemudian para wisatawan masuk ke dalam air, mengikuti petunjuk dari pemandu mereka.

Wisata Alam Kebun Teh Tambi Wonosobo, Udara Sejuk dan Bisa Lihat 4 Gunung

"Ini adalah spesies yang benar-benar sensitif terhadap kapal dan kebisingan. Mereka memiliki indera penciuman yang sangat peka, mereka mengetahui produk kimia atau minyak dan itu membuat mereka melarikan diri, hal itu bagus karena memungkinkan mereka bertahan hidup," kata Mujica.

Tak perlu khawatir, hiu ini merupakan jenis hiu yang tidak berbahaya karena binatang yang memiliki panjang sembilan meter dan berat sembilan ton ini hanya memakan hewan kecil di dasar laut.

Seorang turis, Eduardo Rodriguez, telah datang kedua kalinya untuk berenang bersama hiu paus ini. "Ini adalah pengalaman yang sulit untuk digambarkan dalam kata-kata. Benar-benar spektakuler," katanya.

Kegiatan observasi ini diatur oleh kementerian lingkungan di Meksiko, yang memeriksa kelompok yang terlalu dekat.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya