Kejar 20 Juta Turis, Dubai Boyong Operator Wisata ke Jakarta

Dubai Frame
Sumber :
  • Dokumentasi Dubai Tourism

VIVA – Berbagai upaya dilakukan Dubai Corporation of Tourism and Commerce Marketing untuk mendatangkan 20 juta turis di tahun 2020. Selain membangun hotel dan destinasi wisata yang menjadi ikon dunia, Dubai Tourism juga menggelar roadshow di sejumlah negara. Salah satunya Indonesia.

Menengok Kemeriahan Dubai Menjelang Idul Adha

Di roadshow perdana yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 22 Januari 2018, Dubai mendatangkan 27 operator wisatanya, termasuk satu maskapai penerbangan dan 13 operator hotel lokal dan internasional.

"Indonesia merupakan salah satu negara prioritas kami untuk segmen pariwisata dan bisnis," kata Hoor Mohammad Noor Al Khaja, Senior Manager Asia Pacific, International Operations Dubai Tourism dalam sesi diskusi media.

Lompat Dari Ketinggian 14 Ribu Kaki di Dubai, Berani Coba?

Sepanjang Januari hingga November 2017, kata Hoor, wisatawan dari Indonesia menembus angka 31.805. Ia optimistis roadshow yang digelar dengan mendatangkan puluhan operator pariwisata dan belasan operator hotel bisa menarik minat warga Indonesia berkunjung ke Dubai. Apalagi dalam roadshow, mereka akan dipertemukan dengan 85 operator lokal di Indonesia.

Menurutnya, biro perjalanan dan wisata di Indonesia memainkan peran penting dalam mendorong banyaknya wisatawan yang berwisata ke Dubai. "Ini kesempatan bagi operator pariwisata di Dubai untuk berbagi informasi terbaru," kata dia seraya membeberkan sejumlah destinasi baru di Dubai. Antara lain Dubai Frame yang berlokasi di Zabeel Park.

Keseruan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia Jelajahi Dubai

Destinasi ini berupa bangunan dua menara setinggi 150 meter yang dihubungkan jembatan kaca sepanjang 93 meter di bagian atasnya. Yang menarik, dari menara ini wisatawan bisa melihat pemandangan kota tua dan sisi modern Dubai di dua arah yang berbeda.

Ia juga membeberkan destinasi lainnya yang patut dikunjungi, seperti XLine Dubai Marina 2 yang memicu andrenalin. Soal Dubai yang berada di kawasan Timur Tengah yang panas menyengat, Hoor menuturkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Menurutnya, Dubai bisa dikunjungi kapan pun termasuk saat musim panas sekali pun.

"Tidak ada alasan soal musim panas, karena rata-rata infrastruktur di Dubai sudah disiapkan untuk segala cuaca," kata dia. Bahkan beberapa destinasi dibangun dalam ruangan dengan suhu yang nyaman sehingga bisa dikunjungi kapan pun. Contohnya, IMG Worlds of Adventure, theme park yang berdiri di atas lahan seluas 1,5 juta meter persegi yang mampu menampung 20.000 pengunjung. Theme park ini berada di ruang tertutup yang beroperasi penuh sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim.

Sekadar diketahui, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dubai di tahun 2016 tercatat 14,9 juta, naik lima persen dibandingkan 2015 yang mencatat 14,2 juta. Di mana sebanyak 31.805 berasal dari Indonesia. Dubai juga membidik potensi wisatawan umrah yang diangkut maskapai Emirates. Tahun 2017, Emirates mengangkut 870.000 jemaah umrah Indonesia, naik 25 persen dibanding angka 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya