Saat K-Pop Taklukkan Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.
Sumber :
  • KCNA/via Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang terkenal diktator tampak tertawa dan bertepuk tangan. Bahkan, ia juga sempat berdiri sambil bertepuk tangan dari bangku VIP. Di sampingnya, sang istri, Ri Sol Ju, juga terlihat gembira. Ia duduk sambil ikut bertepuk tangan.

Pemandangan tak biasa itu terlihat ketika Kim Jong Un dan istri, sedang asyik menikmati penampilan konser artis-artis K-Pop, salah satunya adalah girlband Korea Selatan, Red Velvet.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

East Pyongyang Grand Theater, Korea Utara, dipenuhi sekitar 1.500 orang, yang menonton aksi Irene cs dan artis lainnya. Sejumlah pria mengenakan jas hitam sedangkan para wanita mengenakan hanbok (baju tradisonal Korea) berwarna-warni. 

Para penonton yang merupakan warga Korut sangat antusias menyaksikan para bintang K-Pop tampil di atas panggung. Mereka melambaikan tangan mendengar lagu-lagu populer dari para artis Negeri Ginseng tersebut. 

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Para artis Korsel menghibur penonton selama dua jam. Penonton memberikan tepukan yang gemuruh atas penampilan para penyanyi tersebut. 

Sebanyak 120 musisi di antaranya adalah girlband Red Velvet, Seohyun Girls Generation, Cho Yong Pil, Lee Sung Hee, Yoon Do yun, dan Baek Ji Young memeriahkan acara bertajuk, Spring is Coming tersebut.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Kim Jong Un Tonton K-Pop di Pyongyang

Kim Jong Un meleleh

Kim Jong Un sangat menikmati penampilan para artis Korsel, yang meramaikan panggung musik di negaranya. Menurut Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Kesenian Korea, Do Jo Hwan, selama pertunjukan berlangsung, dirinya mendapat banyak pertanyaan dari pria yang terkenal dingin dan kejam tersebut. 

“Ketika penyanyi yang tidak dikenali muncul, ia bertanya seberapa terkenal penyanyi itu di Korsel. Apakah lagu yang dibawakan baru dirilis?” beber Do Jo Hwan seperti dilansir dari Allkpop

Diungkapkan juga bahwa di antara semua penyanyi Korsel yang tampil, Kim Jong Un paling tertarik dengan penampilan Baek Ji Young. Alasannya, karena penyanyi wanita berusia 42 tahun tersebut membawakan lagu andalannya, Like Being Hit by The Bullet dan Don’t Forget dengan penuh perasaan. 

Tak hanya itu, ia memberikan tepuk tangan yang meriah kepada penampilan Cho Yong Pil, Lee Sun Hee, and Choi Jin Hee. Salah satu lagu lama yang diketahui Kim Jong Un berjudul Man is Ship, dan Woman is Port sangat membuatnya terhibur.

“Kim Jong Un bertanya mengapa lagu itu berbeda dari asli, aku bilang YB band sengaja melakukan remake karena tahu lagu Man is Ship, Woman is Port sangat terkenal di Korea Utara,” kata Yoong Sang selaku music director pertunjukan.

Kim Jong-Un Saat Nonton Konser K-Pop

Kim Jong Un dan Irene Red Velvet

Selain Baek Ji Young, Red Velvet adalah yang paling mendapat perhatian dari Kim Jong Un. Kehadiran girlband asuhan SM Entertainment ini paling mendapat sorotan tajam media.

Tampil tanpa formasi lengkap, karena absennya Joy, Red Velvet tampil memikat di atas panggung dengan membawakan lagu andalan mereka, Red Flavor dan Bad Boy. Menurut laporan, demi menyaksikan penampilan girlband yang terdiri dari lima artis cantik ini, Kim Jong Un rela membatalkan jadwal kerjanya pada hari itu. 

Berdasarkan jadwal, Kim Jong Un hanya akan hadir ketika hari terakhir konser yaitu Selasa 3 April 2018, namun ia memutuskan untuk hadir sebelum pertunjukan hari pertama digelar. Alhasil, konser yang harusnya dimulai pada pukul 17.30 jadi molor hingga 18.30 waktu setempat.

“Seharusnya aku hadir besok lusa. Tapi karena banyak orang yang bertanya-tanya apakah aku akan menonton Red Velvet hari ini makanya aku datang,” katanya menjelaskan kedatangannya di hari pertama tersebut seperti dilansir dari Allkpop

Sementara Red Velvet membocorkan apa yang dikatakan Kim Jong Un kepada mereka saat bertemu. “Jujur kami sangat grogi. Katanya, saya lihat dari media massa bahwa Korea Selatan sangat penasaran apakah saya bisa bertemu kalian. Ya, sekarang kita bertemu,” ungkap Yeri menirukan pembicaraan Kim Jong Un.

Tak hanya itu, yang sedang menjadi perhatian publik adalah foto yang memperlihatkan Irene, salah satu personel Red Velvet berdiri terpisah dari anggota lainnya. 

Irene jadi satu-satunya anggota Red Velvet yang berdiri di dekat Kim Jong Un. Hal ini sontak menimbulkan banyak spekulasi di kalangan warganet. Banyak yang menduga, Kim Jong Un adalah fans berat dari Irene.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, bersama girl band Korea Selatan Red Velvet

Seorang mantan pianis Korea Utara, Kim Cheol Woong, mengemukakan pandangannya. Dikutip dari Koreaboo, Cheol Woong berpendapat, Kim Jong Un memang punya ketertarikan besar terhadap Red Velvet.

"Korea Utara sangat memerhatikan media di Korea Selatan. Mereka mengecek setiap waktu seberapa populer artikel-artikel tertentu. Posisi foto yang lalu, 100 persen ditentukan berdasarkan sorotan media Korea Selatan," katanya.

Pendapatnya juga diperkuat karena Cho Yong Pil, musisi besar Korsel, berdiri di samping istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju.

Selain itu, Kim Jong Un juga sedang gencar mempromosikan dirinya sebagai seorang yang modern dan normal. Itu menjadi alasan lain mengapa dia memilih Irene untuk berdiri di sampingnya.

"Dia memilih anggota Red Velvet untuk berdiri di dekatnya untuk menunjukkan bahwa dia juga tahu hal-hal (hiburan) semacam ini, dan dia tahu bagaimana cara menikmatinya," lanjut Kim Cheol Woon. 


Kim Jong Un terharu

Konser yang menampilkan artis-artis K-Pop di Korea Utara adalah serangkaian gerakan diplomatik yang dianggap dirancang untuk meredakan ketegangan, menjelang pertemuan antara Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. 

Konser para artis dari Korsel ini juga sebagai balasan atas kehadiran kontingen Korut dalam Olimpiade Musim Dingin di Korsel pada Februari lalu. 

Konser ini sendiri adalah yang pertama kali digelar di Korut. Dan untuk pertama kalinya juga Pemimpin Korut itu menyaksikan pertunjukan tersebut secara langsung di negaranya. 

Seperti dilansir dari Billboard, Korsel biasanya sesekali mengirim artisnya ke Korut. Hanya saja, kegiatan tersebut berhenti sejak tahun 2005. 

Kini, artis-artis K-Pop kembali menghibur masyarakat Korut. Bahkan, Red Velvet rela tampil dengan pakaian panggung yang tak biasa. Mereka mengenakan pakaian lebih tertutup, tidak seperti di konser-konser Red Velvet lainnya.

Meski demikian, personel Red Velvet mengaku bangga bisa tampil di acara tersebut. Menurut Seulgi, dirinya tak kuasa menahan tangis saat Korsel dan Korut menyanyikan lagu Our Wish is Unification bersama.

Kim Jong Un Tonton K-Pop di Pyongyang

Personel lain, Yeri mengungkapkan tak bisa menutupi rasa grogi ketika bersalaman dengan Kim Jong Un. "Tapi itu benar-benar suatu kehormatan," ungkapnya. 

Sementara itu, Kim Jong Un mengaku sangat terharu saat masyarakatnya sangat menikmati penampilan artis-artis K-Pop. "Kami harus sering mengadakan pertunjukan seni dan budaya," kata Kim di depan seluruh artis K-Pop. 

Seperti judul konser, pertunjukan itu telah membawa "musim semi perdamaian" pada dua Korea, Kim Jong Un dikutip oleh kantor berita pusat (Korea) Utara, menyatakan harapan untuk "musim gugur yang sejahtera".

Ia juga menyampaikan pesan kepada para artis untuk Presiden Korsel, Moon Jae In, agar sering-sering mengadakan acara serupa di Seoul selama musim gugur. 

Seperti diketahui, sebelumnya kedua Korea itu secara teknis masih berperang pascakonflik 1950-1953, berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai. (one)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya