Tiga Perang Saudara Dahsyat di Akhir Pekan

Duel Manchester United vs Manchester City.
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA – Tiga partai panas bakal berlangsung di dua liga top Eropa akhir pekan ini. Menariknya, partai-partai tersebut mempertemukan rival sekota, atau biasa disebut derby.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Dua derby panas bakal tersaji di Premier League. Derby Merseyside yang mempertemukan Everton kontra Liverpool di Goodison Park. Lalu, ada Derby Manchester antara Manchester City melawan Manchester United di Etihad Stadium.

Lalu derby tak kalah panas tersaji di LaLiga. Ada duel El Derbi Madrileno antara Real Madrid melawan Atletico Madrid di Santiago Bernabeu.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Yang paling menjadi perhatian adalah Derby Manchester yang bakal berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu 7 April 2018. Sebab, tiga poin bakal memastikan ManCity menjuarai Premier League musim ini.

MU saat ini bercokol di posisi 2 Premier League dengan 68 poin dari 31 pertandingan. Setan Merah tertinggal 16 angka dari ManCity yang kokoh di puncak klasemen. 

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Tentu saja, MU tak mau begitu saja menyerahkan gelar kepada sang rival sekota. Armada Jose Mourinho siap memberikan yang terbaik demi menunda pesta juara The Citizens.

"Kami sudah pernah bermain di sana (Etihad Stadium) sebelumnya dan bermain bagus. Saya rasa, bisa melakukan hal itu lagi," kata winger MU, Jesse Lingard, seperti dilansir Sky Sports.

"Para pemain harus menegakkan kepala dan kami harus fokus 100 persen dengan pekerjaan kami. Kami harus merebut tiga poin, karena itulah tujuan kami bermain," ujar pemain 25 tahun ini.

Hal senada diungkapkan striker MU, Marcus Rashford. Pemain 20 tahun ini  memiliki catatan apik di Derby Manchester. Dalam debut di Derby Manchester Maret 2016 lalu, Rashford menjadi penentu kemenangan tipis MU atas ManCity, 1-0.

"Tim saat itu bermain dengan brilian dan kami layak menang. Menang di kandang lawan yang kuat, jadi hal yang spesial. Jadi, kami akan melakukannya seperti sebuah tim. Tampil kuat dan termotivasi untuk menang," kata Rashford dilansir Daily Express.

ManCity Cari Penawar Luka

Sebelum laga derby, hasil buruk ditorehkan ManCity di Liga Champions. The Citizens dihajar Liverpool 0-3 di leg 1 perempatfinal di Anfield, Kamis dini hari WIB, 5 April 2018.

ManCity ingin segera mendapatkan penawar luka dari kekalahan tersebut. Memastikan gelar Premier League dengan menekuk MU, menjadi target armada Pep Guardiola.

Reaksi Manchester City usai digebuk Liverpool di Leg 1 Perempatfinal Liga Champions, Kamis 5 April 2018.

"Kami memulainya dengan cukup baik di Liga Champions, namun Liverpool mencapat banyak kesempatan dan mencetak tiga gol. Keadaan makin sulit," kata gelandang ManCity, Kevin De Bruyne, seperti dilansir Manchester Evening News

"Namun menghadapi MU adalah kompetisi yang berbeda. Kami tidak tahu apa yang akan terjadi, namun kami akan melakukan segalanya untuk bisa memenangkan pertandingan dan berharap hal baik di leg kedua Liga Champions nanti," lanjut pemain internasional Belgia ini.

Manajer ManCity, Pep Guardiola telah mengasah strategi jelang menghadapi MU. Strategi umpan pendek jadi tuntutan eks juru taktik Barcelona itu untuk anak asuhannya.

"Saya pikir ketika kami mampu membuat umpan pendek empat atau lima meter, risiko kehilangan bola itu kecil. Jika Anda memainkan umpan panjang 15 atau 20 meter dan para pemain tidak dalam posisi yang pas maka itu sangat berbahaya," ujar Guardiola seperti dilansir dari Sky Sports.

Peluang ManCity untuk meraih kemenangan di Derby Manchester edisi 176 ini tergolong besar. Apalagi, The Citizens sukses merebut kemenangan di derby pertama musim ini di Premier League.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, 10 Desember 2017 lalu, ManCity berhasil menang 2-1. Dua gol The Citizens dicetak David Silva (43') dan Nicolas Otamendi (54'). Marcus Rashford mencetak gol untuk MU di menit 45+2.

Namun, jika melihat rekor pertemuan secara keseluruhan, MU masih lebih unggul. Setan Merah menang 72 kali, berbanding 51 kemenangan milik The Citizens. 52 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Liverpool Tanpa Salah

Selain Derby Manchester, laga yang tak kalah panas adalah Derby Merseyside. Everton menjamu Liverpool di Goodison Park, Sabtu 7 April 2018.

Jelang duel ini manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengeluhkan jadwal padat Premier League. Dia merasa dirugikan dengan padatnya jadwal, karena masih akan melakoni duel kontra ManCity di Liga Champions.

"Jika kami bermain di laga seperti ini, maka Premier League harus berpikir mengenai jadwalnya. Saat ini kami jadi harus mencari pemain yang fit untuk menjalani laga yang disebut banyak orang sebagai laga terbesar tiap musimnya," ujar Klopp dikutip Daily Star.

"Saya tak merasa baik saat ini. Masalahnya, jika saya tak memainkan pemain utama kontra Everton, kami tahu apa yang akan terjadi. Ini akan jadi laga berat bagi kami. Mungkin Everton akan diuntungkan pada laga ini dan itu tak adil," tutur eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Winger Liverpool, Mohamed Salah ditarik keluar karena mengalami cedera.

Dalam laga ini, Liverpool kemungkinan belum bisa menurunkan bintang andalan, Mohamed Salah. Pemain internasional Mesir ini mengalami cedera paha saat The Reds menghajar ManCity 3-0 di Liga Champions.

Usai laga melawan ManCity, Salah merasa cederanya tak serius. Tapi, Klopp tetap akan menunggu hasil diagnosis dokter. Dia tak ingin mengambil risiko dengan menurunkan Salah saat bersua Everton.

"Setelah pertandingan, saya bertanya pada dia, dan dia merasa baik-baik saja. Tapi, saya akan menunggu diagnosis yang sebenarnya, bukan diagnosis Mo," ucap manajer asal Jerman ini.

Sama-sama Pincang di Derby Madrid

Satu laga lainnya yang tak bisa dilewatkan adalah El Derbi Madrileno atau Derby Madrid. Real Madrid menjamu Atletico Madrid di Santiago Bernabeu.

Kedua tim memiliki modal bagus jelang duel panas ini. Madrid dan Atletico sukses mengemas kemenangan di kompetisi Eropa. Los Blancos menghajar Juventus 3-0 di Liga Champions. Sedangkan di kancah Liga Europa, Los Rojiblancos menekuk Sporting Lisbon 2-0.

Namun, ada kabar buruk menghampiri Madrid. Tim besutan Zinedine Zidane ini kemungkinan tak bisa diperkuat Raphael Varane yang mengalami cedera.

Pemain belakang Real Madrid, Raphael Varane

Seperti dilansir AS, Varane tak bisa mengikuti sesi latihan grup di Valdebebas, Kamis 6 April 2018. Pemain asal Prancis ini harus berlatih terpisah dari rekan-rekannya.

Pemain lain yang harus absen latihan adalah Nacho Fernandez. Bek 28 tahun ini masih menjalani proses pemulihan, usai mengalami cedera paha dalam laga kontra Las Palmas, 31 Maret 2018 lalu.

Dengan demikian, duet di lini belakang yang paling memungkinkan adalah Sergio Ramos dengan Jesus Vallejo. Bek 21 tahun ini sempat menggantikan posisi Ramos, dan berduet dengan Varane di laga kontra Las Palmas.

Ternyata, kondisi serupa dialami Atletico. Tim besutan Diego Simeone ini tak bisa diperkuat bek andalan, Jose Maria Gimenez.

Gimenez mengalami cedera, saat membela Uruguay di laga internasional. Pemain 23 tahun ini absen saat melawan Deportivo La Coruna dan Sporting Lisbon dan diharapkan bisa tampil saat bersua Madrid.

Namun, kemungkinan Gimenez belum bisa tampil di Derby Madrid. Dia harus absen, bersama dua pemain belakang lainnya, Filipe Luis dan Sime Vrsaljko.

Dengan demikian, Juanfran dan Lucas Hernandez akan mengisi posisi fullback Atletico. Sedangkan duet bek tengah diisi oleh Diego Godin dan Stefan Savic.

Jadwal 3 Derby Panas Akhir Pekan Ini:
Sabtu, 7 April 2018

18.30 WIB - Everton vs Liverpool - beIN Sports 1
23.30 WIB - Manchester City vs Manchester United - RCTI, beIN Sports 1 

Minggu, 8 April 2018
21.15 WIB - Real Madrid vs Atletico Madrid - beIN Sports 2

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya