Rumah Berhantu, Nyata Atau Hanya Cerita

Ilustrasi rumah berhantu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rumah berpagar kayu itu terlihat besar dan mewah. Desain interiornya apik, dikelilingi banyak pembatas kaca. Tidak ada kesan horor, bersih, juga rapi.
Saking luasnya, banyak ruang terlihat kosong, tidak banyak perabot rumah yang mengisi. Hunian yang terletak di kawasan Ampera, Jagakarsa, Jakarta Selatan itu adalah rumah milik aktor juga penulis terkenal Raditya Dika.

Bukan Mualaf, Ini Nazar yang Akan Dilakukan Ernest Prakasa Jika 'Agak Laen' Tembus 10 Juta Penonton

Namun kesan mewah berubah jadi mencekam, saat seorang asisten rumah tangga yang bekerja di rumah Dika bercerita, bangunan mewah tersebut bukan hanya dihuni Raditya Dika, tapi juga dihuni kuntilanak dan genderuwo.

"Di sini kalau tengah malam, kayak ada orang nangis. Nangisnya kayak minta tolong. Pas dibuka pintunya, kosong," ungkap asisten rumah tangga Dika.

Wisata Horor Ini Siap Jadi Destinasi Liburan di Jakarta

Bukan cuma itu pengakuan sang asisten. Dia juga bercerita, sering melihat sosok bayangan hitam tinggi besar, ada di lantai tiga. Di taman, juga sering terlihat suara beirsik batu seperti ada yang melempar.

Tak hanya asisten rumah tangga yang menceritakan kisah seram rumah Dika. Tamu yang datang, juga ikut diganggu dengan sosok anak kecil yang mengintip. Penghuni rumah, Dika, juga merasa, sering mencium bau melati.

5 Artis Indonesia Lulusan UI, No 5 Menantu Presiden

Semua kisah horor di dalam rumah mewah Dika, dimuat di akun video Youtube miliknya dengan judul, Paranormal Experience: Hantu di Rumah.

Video itu jadi viral, bahkan banyak diberitakan media.  Awalnya, Dika mengaku tak percaya dengan keberadaan makhluk halus di rumahnya. Namun, kejadian-kejadian aneh yang dialami sang asisten rumah tangga, membuatnya merasa tergerak, untuk membuktikan, apakah benar hunian mewahnya berhantu.

Rumah Raditya Dika

Sejarah Rumah

Diakui Dika, sebelum dibangun hunian megah, rumah itu sempat dilengkapi fasilitas taman. Taman itu dibeli oleh Dika. Awalnya, tidak pernah ada cerita menyeramkan.

Namun, beberapa waktu belakangan, sang asisten rumah tangga tiba-tiba menangis dan minta pulang karena sering dengar suara aneh, pintu kamar sering ada yang mengetuk. Setiap kali ada teman yang menginap, juga sering mengaku, melihat banyak hantu berseliweran.

"Gue enggak pernah alami, paling mentok bau melati, atau suara orang garuk langit-langit kamar.  Dari situ gue mulai berteori, kenapa hantu-hantu ini ada," katanya.

Dika mulai menerka-nerka, apa mungkin hantu itu adalah hantu yang menghuni taman yang dia beli sebelum dijadikan rumah.

"Atau, hantunya sengaja gue datengi sendiri di rumah, saat syuting di rumah gue," katanya.

Dika pun berprasangka, hantu itu hadir karena lonceng tua yang digunakan untuk syuting di rumahnya. Lonceng itu berusia 1800 tahun.

"Pernah suatu kali, lonceng itu dibunyikan, tiba-tiba satu ruangan tempat syuting mati. Lampunya mati berkali-kali, cuma ruangan itu saja yang mati. Mungkin karena itu, gue mengundang," katanya.

Karena hal itulah, Dika memutuskan memanggil orang pintar ke rumah. "Di kamar mandi gue katanya ada kuntilanak nya, terus di kamar mandi ada bambu, itu tempat sarangnya kuntilanak."

"Orang pintar keliling rumah, ada genderuwo, ada batu gede juga di rumah, katanya harus dibuang karena bentuknya kaya batu nisan. Batu itu harus dibuang karena rumahnya genderuwo," kata Dika.  

Dika pun mengaku heran, mengapa rumahnya berhantu. "Gue juga dalam posisi yang amat aneh untuk urusan rumah berhantu ini, padahal rumah gue bersih, rapi, tapi kok masih ada hantunya juga."

Dika mengaku dilema, untuk membuang barang-barang yang diyakini sang paranormal dihuni oleh makhluk astral. Dika pun memilih jalan, rajin menggelar acara pengajian untuk mengusir secara halus makhluk-makhluk tak kasat mata.

"Gue sendiri nge-share berita ini karena banyak yang tanya, apa benar ada hantunya. Iya emang beneran, gue enggak ngarang-ngarang, kalau ada yang punya pengalaman seru, yang sama kaya gue, tinggalin komen saja gimana cara usirnya."

Rumah Raditya Dika
Bukan Cuma Dika

Mengenai rumah dengan penghuni makhluk halus di dalamnya, ternyata tak hanya dialami oleh Raditya Dika. Artis lainnya, seperti Sara Wijayanto juga mengaku huniannya ditempati makhluk halus.

Mengerikannya lagi, hantu-hantu tersebut kerap kali berbuat jahil. Namun, Sara mengaku sudah terbiasa dan tidak takut.

Selain Sara, Jenny Cortez juga punya pengalaman seram ketika menghuni rumah barunya di Jakarta Utara. Dalam suatu kesempatan kepada media, Jenny pernah bercerita bahwa ibundanya diganggu makhluk halus hingga kerasukan. Jenny bercerita, berdasarkan informasi para tetangganya, rumah yang ia tempati dibangun di atas lahan yang dulunya kuburan.

Selain Sara dan Jenny, artis seksi Kiki Fatmala juga mengakui hal sama, rumahnya berhantu. Pengalaman seram terjadi di rumahnya sendiri yang telah ditinggali puluhan tahun. Di rumah yang berada di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan itu, Kiki pernah tidak sengaja menangkap sosok menyeramkan saat memotret di rumahnya.

Salah satu adegan film The Conjuring, bercerita tentang rumah yang berhantu

Kenapa Rumah Berhantu  

Adanya kisah hantu dalam rumah, memang selalu bikin heboh dan bikin penghuni ketakutan. Namun, banyak yang meyakini, ada berbagai macam cara untuk mengusir makhluk astral tersebut.

Sendy Founder Dokter Ghaib-- sebuah website yang memberikan jasa untuk membersihkan hunian dari makhluk ghaib mengatakan, pada dasarnya setiap ruangan di dalam rumah ada hantunya. Namun, seberapa aktif makhluk tersebut, apakah mereka menggangu atau tidak?

"Sama dengan manusia, hantu ada yang baik dan jahat, dan ada yang cemburuan atau tidak. Sama dengan manusia hanya materialnya yang berbeda," kata Sendy saat berbincang dengan VIVA.

Terkadang, makhluk astral merasa terusik karena ulah manusia. Untuk itu, manusia pun harus menghormatinya.

Yang menyebabkan mereka merasa terganggu, biasanya karena manusia terlalu berisik. "Misalnya di rumah ada anak kecil. Mereka bisa merasa terganggu. Sebelum rumah tersebut dibuat pada saat berbentuk tanah, sudah ada mereka. Apakah ada izin terlebih dahulu atau enggak karena tempatnya diambil alih."

Hantu atau makhluk halus pun biasanya merasa terganggu, jika di suatu rumah, sang pemilik rumah punya pegangan. Misalnya, terdapat keris, batu akik, dan lain-lain. Adanya keris di rumah, biasanya membuat makhluk astral terancam. "Makanya, mereka menganggu."

Sendy juga mengatakan, bisa juga, makhluk astral datang karena berpindah dari tempatnya terdahulu yang tergusur. "Misalnya daerah tersebut ada pohon mangga, dan ditebang nah penghuninya enggak punya rumah jadi pindah ke suatu rumah yang dihuni manusia."

Atau, bisa juga, makhluk halus hadir karena kiriman dari persaingan bisnis.

Ilustrasi rumah berhantu.

Ciri Rumah Berhantu

Hunian berhantu ternyata punya ciri khas. Biasanya memiliki suasana yang lembab, bau, berada di pojokan dan jarang didatangi. Bahkan bisa juga, rumah berhantu, karena sang pemilik jauh dari Tuhan.

Mbah Mijan lewat website nya mengungkapkan ciri-ciri rumah berhantu. Biasanya, adem nyenyep (bahasa Jawa) yang artinya dingin menyeramkan, hal ini disebabkan karena rumah sudah lama ditinggal pemiliknya, dan kemudian dijadikan sarang makhluk ghaib yang berada di sekitarnya.

Cir lainnya, Panas Mbrangas (Istilah jawa) yang artinya jika ditempati rasanya beda dan berkesan menyeramkan, bahkan di saat -saat tertentu sering menunjukan hal-hal aneh semisal bunyi orang jalan kaki, bunyi air mengalir, dan tak jarang juga mereka menampakkan diri.

Sendy pemilik website Dokter Ghaib pun mengatakan, untuk membuat makhluk astral tidak betah di rumah, bisa dilakukan dengan cara mudah. "Buat mereka tidak betah dengan hawa positif. Lakukan perbuatan baik seperti ibadah, rajin dibersihkan, juga jangan sampai rumah gelap."

Ada juga cara paksa untuk mengusirnya, dengan memanggil "orang pintar" lalu lakukan ritual perpisahan. Dan membuat pagar ghaib (semacam energi yang menutupi rumah dari makhluk halus).

Film Pengabdi Setan

Efek Bahaya

Efek yang paling berbahaya jika rumah Anda dihuni mahluk ghaib adalah rejeki akan seret, dapatnya susah buangnya gampang, se isi rumah bawaanya ribut dan sering berantem gara-gara masalah sepele. Atau, anak Anda sering sakit-sakitan silih berganti.

Dilansir dari website Mbah Mijan, efek bahaya lainnya jika rumah berhantu adalah jika rumah buat usaha selalu sepi dan tak disenangi pengunjung, uang dalam dompet dan brankas sering hilang tiba-tiba dan semacamnya. "Menurut investigasi kami dari pengalaman berburu ghaib ternyata mahluk halus itu memakan bau-bauan."

Untuk itu, makhluk halus senang tinggal di kamar mandi dikarenakan jin sangat suka dengan bau yang anyir misalnya darah haid wanita saat datang bulan.

"Tata cara mengusir roh halus membaca ayat kursi."

Meski dinilai berbahaya adanya hantu di rumah, namun khusus hunian Raditya Dika, banyak yang percaya, itu hanya gimmik.

Banyak Netizen menilai, ini jadi strategi marketing, sebelum film baru Raditya Dika dimunculkan. Lewat postingan Sutradara Joko Anwar menulis, "Raditt @radityadika, lonceng Ibu kan waktu itu udah aku bawa pulang. Udah aku masukin ke kotak penyimpanan. Tapi ternyata dua hari lalu aku liat udah nggak ada. Trus tadi malem aku mimpi, ada anak kecil bilang loncengnya masih di rumah elu. Tau dah."

Melihat postingan itu di Twitter, Netizen berkomentar, "Bakal jadi film horor komedi nih, judul nya "lonceng ibu di koala kumal" wkkwkwk."

"Wah jangan-jangan strategi marketing kaya Pandji nih. Mau bikin film baru ya sama Radit?."

Meski banyak orang tidak percaya dengan adanya makhluk Astral, Sendy justru meyakini, rumah Dika benar-benar berhantu.

"Secara kasat mata itu rumah kosong, besar. Banyak ruang kosong, banyak ruang tak terjama. Itu kemungkinan ada. Kemungkinan, makhluk itu jahil secara kasat mata." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya