Mendulang Rupiah Saat Ramadan

Program Sahurnya Pesbukers hadir di tengah-tengah penonton ANTV
Sumber :
  • Shalli/VIVA.co.id

VIVA – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Bulan penuh berkah disambut sukacita umat muslim di seluruh dunia.

Tanggapan Kiky Saputri Dihujat Netizen Gegara Singgung Ayu Ting Ting di Depan Nagita Slavina

Tak terkecuali para selebritas Tanah Air, yang tak sabar menyambutnya. Di bulan puasa nanti, mereka disibukkan dengan sejumlah kegiatan di layar kaca untuk menghibur pemirsa. Dari saat menjalankan sahur hingga menunggu waktu berbuka.

Sebut saja pedangdut Ayu Ting Ting, Raffi Ahmad, dan Jessica Iskandar, hingga beberapa artis serta komedian lainnya. Mereka mengambil job mengisi program Ramadan yang ditayangkan stasiun televisi.

Kiky Saputri Singgung Ayu Ting Ting di Depan Raffi Ahmad, Ekspresi Nagita Slavina Bikin Salah Fokus

Meski demikian, ada juga artis yang memilih tak menerima pekerjaan selama bulan Ramadan. Salah satunya penyanyi sensasional Syahrini yang memilih fokus ibadah.

Didukung Keluarga

Heboh, Gaya Outfit Ayu Ting Ting Dituding Tiru Nagita Slavina

Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting buka-bukaan alasan dirinya mengambil banyak job selama bulan Ramadan nanti. Meski demikian, pelantun Sambalado itu didukung keluarga untuk terus bekerja mencari uang.

Sebagai single parent, Ayu memang menjadi tulang punggung keluarganya. Ayu sempat mengatakan akan terus bekerja demi kebutuhan sang anak, Bilqis Khumairah Razak.

"Mereka (keluarga) sih senang-senang saja. Yang penting saya kerja cari duit. Mereka enggak pernah protes sih," kata Ayu ditemui di gedung ANTV.

Namun, Ayu tak mau membocorkan pundi-pundi uang yang didapatnya selama mengambil job di bulan Ramadan. "Adalah itu," ucapnya singkat.

Meninggalkan Bilqis Khumairah Razak saat momen berbuka dan sahur tak menjadi kendala bagi Ayu. Pedangdut asal Depok itu memberi pengertian kepada putri semata wayangnya itu.

"Untung anaknya ngerti sih. Paling kadang saya ajak ke lokasi," katanya.

Diungkapkan Ayu, dia tidak meninggalkan keluarga sepenuhnya di bulan Ramadan. Ayu sudah meminta waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

"Paling ada lah satu hari buka bareng keluarga. Dari (jam) setengah empat terus sampai buka, malam kerja lagi. Terus, puasa ini saya ada promo film juga, jadi padat," katanya.

Walau disibukkan dengan berbagai urusan pekerjaan, ibadah juga tetap dilakukan oleh mantan istri Henry Baskoro itu.

"Saya sih (pengen) bisa khatam Alquran, pengen banget kalau bisa, Amin. Tapi, kita kan tahu, saya kerja dari pagi sampai pagi lagi, dan kalau di mobil kerjaannya ya tidur, istirahat. Tapi mudah-mudahan sih, ya bisa," katanya.

Saat disinggung asupan khusus yang ia konsumsi selama bulan puasa, Ayu menjawab tidak. Istirahat yang cukup kunci rahasia Ayu tetap bugar menjalani aktivitas di Ramadan tahun ini.

"Persiapan paling fisik, tenaga karena kan dari pagi sampe pagi lagi itu kegiatannya. Minum madu sama air putih, itu paling sih," kata Ayu.

Apa yang dikejar Ayu, juga sama yang akan dikerjakan artis Jessica Iskandar selama bulan puasa nanti. Jedar, sapaan Jessica Iskandar, sebulan penuh selama Ramadan mengisi program di ANTV.

Jessica Iskandar di Amerika

"Aku ngisi Pesbukers ANTV Ramadan satu bulan full. Enggak ambil yang sahur. Sabtu Minggu tetap syuting," ucap ibu satu anak ini.

Jedar punya alasan penting dirinya tak mengambil program sahur Pesbukers ANTV, karena tetap harus menjaga kesehatannya.

"Enggak ambil yang sahur karena pasti akan capek banget ya. Nanti waktu sama anak jadi berkurang. Walau enggak puasa aku tetap menghormati sahabat-sahabat yang puasa. Dan aku menjaga stamina tubuh biar tetap kuat menjalani aktivitas," ujar Jedar.

Sama halnya dengan Ayu, Jedar juga tak mau membocorkan bayaran untuk dirinya mengisi program Pesbukers ANTV selama bulan Ramadan. "Aduh rahasia dong," ujarnya santai.

Syahrini Fokus Ibadah

Syahrini Nobar Film 212

Berbeda dengan sejumlah rekan artis yang mengejar setoran di bulan Ramadan, Syahrini justru sebaliknya. Penyanyi asal Bogor itu memastikan bahwa selama bulan Ramadan nanti, dia akan mengurangi jadwal kegiatannya.

Tak lain, maksud dari keputusannya itu adalah agar dia bisa fokus beribadah. Syahrini tak ingin job manggung mengalahkan keinginannya ibadah selama berpuasa.

"(Bulan Ramadan) menjalankan puasa seperti biasa. Aku menjalani on air, tapi off air tidak. Karena seperti biasa, berpuasa," kata Syahrini saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 8 Mei 2018.

Mengenai rencana apa saja yang akan dibuatnya selama bulan Ramadan nanti, pelantun 'Sesuatu' itu mengaku akan mengeluarkan produk baru berupa scarf, dengan nama 'Fatimah Syahrini'.

Selain itu, dia akan merilis lagu religi, yang sudah dipersiapkannya sejak lama. Namun, ditanya apa judul lagu yang akan dikeluarkannya itu, Syahrini pun masih merahasiakannya.

"Lagu religiku juga masih ada yang lama, karena sulit sekali menemukan lagu religi baru. Sebab, membuat agar lagu religi bagus itu tidak mudah. Jadi lagu itu akan dibawakan di Ramadan ini," ujarnya.

Tergoda Bayaran

Program Sahurnya Pesbukers hadir di tengah-tengah penonton ANTV

Pengamat dunia hiburan Tanah Air, Amazon Dalimunthe menganggap wajar dengan banyaknya tawaran job kepada para selebritas jelang Ramadan ini. Bulan Ramadan dinilainya menjadi ajang mendulang banyak rupiah bagi mereka.

"Sebagai ladang sebagian artis untuk dulang rupiah. Rata-rata mereka akan isi buka dan sahur," ucap Amazon.

Bagi Amazon, mengisi acara sahur dan jelang buka, lebih banyak diisi oleh artis muslim dan populer. "Artis yang tidak populer mungkin sama saja, beda intensitasnya saat bulan Ramadan," ucap Amazon.

Lalu, bagaimana soal bayaran mereka? Amazon meyakini bayaran mahal kepada artis yang mengisi acara sahur.

"Jadi tak bisa dipungkiri ya, bayaran naik atau nambahlah. Khusus bagi yang mengisi acara sahur, karena itu kan jam istirahat, jam tidur lalu mereka harus bekerja," ucap Amazon.

Amazon tak menampik bahwa ada peran sponsor untuk mendorong artis tetap eksis mengisi acara di bulan Ramadan.

"Bisa atas permintaan sponsor ya. Sponsor yang minta, contoh Raffi Ahmad untuk memakai atau nempel sebuah produk yang harus diperlihatkan saat sahur. Bayarannya bisa mahal sekali tergantung artisnya. Soal nominalnya mereka yang tahu," ucap Amazon.

Bagi Amazon, fenomena artis meramaikan hari-hari di bulan Ramadan sudah ada sejak zaman almarhum Taufik Savalas, Ulfa Dwiyanti, dan Eko Patrio di sebuah stasiun televisi swasta saat itu. Lalu berlanjut diikuti stasiun televisi swasta lainnya melalui program yang berbeda.

"Sebenarnya bukan dari zaman Olga ya, tapi sejak almarhum Taufik Savalas, mbak Ulfa dan mas Eko, jadi seperti sudah tradisi untuk menemani masyarakat sahur," ucap Amazon.

Batasi Guyonan

Amazon Dalimunthe meminta para artis untuk bisa membatasi guyonan yang akan dibawakannya saat mengisi program Ramadan di stasiun televisi nanti. Baginya, artis kadang melakukan improvisasi yang berlebihan.

"Produser membuat program itu seperti apa. Misal artis nanti harus improvisasi, apalagi di jam sahur untuk berkomedi, seperti apa. Harus dibatasi. Karena yang sudah-sudah komedi itu agak kebablasan," ucap Amazon.

Amazon juga menyarankan kepada para artis memahami dan melihat kembali kontrak program tersebut. Bahan komedinya harus diperhatikan.

"Sering terjadi (kebablasan) makanya itu mohon ditaati. Melihat lagi kontrak yang awal," ucap Amazon.

Bagi Amazon, fenomena banyaknya program Ramadan yang siap disiarkan oleh stasiun televisi bukanlah sebuah persaingan. Menurutnya, isinya pun sama dibawakan oleh artis-artis yang sudah dikenal.

"Tidak ada bersaing ya, karena artisnya itu-itu saja. Relatif tidak ada yang baru," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya