Pesan Mesum untuk Via Vallen

Penyanyi Via Vallen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Insta Story penyanyi dangdut Via Vallen mendadak jadi sorotan. Pedangdut ini terlihat marah-marah karena mendapat perlakuan tak menyenangkan dari seorang yang diduga adalah pesepak bola nasional.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Dalam unggahannya tersebut, Via memajang tangkapan layar pesan pribadi yang masuk ke Instagramnya. Di sana tertulis, sebuah ajakan yang dianggapnya melecehkan.

"I want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes," pesan itu dilingkari merah oleh Via. 

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Enggak kenal dan enggak pernah ketemu tiba-tiba nge-DM dan ngirim text gambar kayak gini. As a singer i was being humiliated by a famous football player in my country right now," tulis pelantung lagu 'Sayang' itu dalam unggahan yang sama.

Via bahkan mengunggah percakapannya di DM dengan pria yang diduga pesepak bola itu. Pria tersebut protes mengapa Via mengumbar pesan pribadinya.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

"You asked me why i am taking a screenshot?  I got shocked," seru Via membalas.

Awalnya Via memang tidak mengungkap siapa orang yang melakukan pelecehan terhadap dirinya. 

Namun, Via akhirnya mengakui tahu siapa pelaku yang mengiriminya pesan melecehkan tersebut, namun tak begitu mengenalnya.

“Kalau kenal sih enggak, yang jelas saya kan suka bola, jadi saya tahu. Saya sekadar tahu bahwa dia pemain bola saja, dia pemain lapangan yang lagi bersinar, sudah itu saja,” kata Via saat ditemui di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu, 6 Juni 2018.

Penyanyi dangdut asal Kota Surabaya ini mengaku syok atas perbuatan si pelaku, tapi Via Vallen tak berniat melaporkan pelaku ke berpihak berwajib.

“Enggak kalau ngelaporin enggak, tujuan saya emang cuma sekadar pengin ngasih tahu ke perempuan-perempuan Indonesia saja agar mau speak up kalau ada tindakan seperti itu,” tutur penyanyi bernama asli Maulidia Octavia.

Meski tidak juga mengungkap siapa pelaku pelecehan itu, namun akun instagram pemain Persija Jakarta, Marko Simic diserbu warganet. 

Selebriti jadi sasaran

Tidak hanya Via Vallen saja yang pernah mengalami kejadian pelecehan seksual, rekan sesama penyanyi dangdut yang lain yaitu Evi Masamba juga pernah mengalami kejadian serupa.

Penyanyi dangdut yang sukses setelah mengikuti ajang pencarian bakat tersebut, mengaku pernah mengalami pelecehan seksual ketika dirinya masih menjadi penyanyi dangdut di daerah. 

"Iya dulu waktu menjadi penyanyi dangdut di daerah-daerah aku sering digituin (mengalami pelecehan), ungkapnya saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, Selasa, 5 Juni 2018.

Evi Masamba

Diakui Evi penyebab dirinya mengalami pelecehan adalah karena citra penyanyi dangdut selama ini yang dianggap sebelah mata oleh masyarakat terutama lelaki hidung belang.

"Iya, mungkin karena citra penyanyi dangdut ya bisa diapa-apain padahal mah enggak, saya benar-benar kerja niatnya untuk cari uang tidak ada yang lain," ungkap Evi.

Ia juga mengungkapkan bahwa citra penyanyi dangdut tidak bisa dianggap sebelah mata, banyak dari penyanyi dangdut yang memiliki citra baik dan benar-benar bekerja untuk menghibur dengan bernyanyi dan mencari uang.  

Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah juga melihat banyak selebriti perempuan yang juga dilecehkan secara verbal namun menganggapnya biasa. Hal itu kemungkinan karena mereka tidak paham, atau juga adanya posisi tawar relasi kuasa. 

"Jadi kadang ya mereka terpaksa menerima saja dan membiarkan apa yang diterimanya. Ada kemungkinan khawatir dipecat atau dijauhi oleh rekan-rekan lainnya," tuturnya. 

Dukungan Komnas Perempuan

Sementara itu Masruchah yang dihubungi VIVA, Rabu 6 Juni 2018 mengatakan kasus yang dialami Via Vallen masuk dalam kategori pelecehan seksual berbasis siber. 

"Masuk kategori pelecehan seksual berbasis siber. Dan ini masuk dalam pelecehan seksual non fisik," kata dia. 

Menurutnya berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan 2018, pelecehan seksual berbasis siber masuk kategori kedua terbanyak kedua dari kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan.

Masruchah menilai tindakan yang dilakukan Via Vallen harus didukung karena sudah merupakan bentukan keberanian perempuan yang telah menjadi korban pelecehan. Ia menilai tindakan Via mengumumkan pelecehan yang menimpanya ke media sosial adalah tindakan tepat.

"Apa yang dilakukan oleh Via perlu didukung karena ia telah berani speak up dan bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat Indonesia, jangan karena tokoh terkenal bisa sembarangan melakukan hal itu," ujarnya. 

Pengamat musik Bens Leo, saat dihubungi VIVA, Rabu 6 Juni 2018 mengatakan apa yang dialami Via Vallen adalah konsekuensi dari seorang publik figur.  "Memang tidak ada benarnya apa yang dilakukan oleh pelaku, hanya saja konsekuensi itu harus diterima karena Via mulai dikenal," ujar Bens Leo. 

Zaskia Gotik dan Ayu Ting Ting

Bens menyebut apa yang dilakukan Via memang dinilai reaktif, tapi hal itu memang harus dilakukan untuk menjaga harga diri dan eksistensinya.  "Saya kira kalau dia sudah sangat terkenal seperti Ayu Ting Ting atau Zaskia Gotik saya kira tidak akan ada yang berani melakukan hal itu," kata dia. 

Menurut Bens, seharusnya Via berani mengungkapkan siapa pelakunya karena hal itu akan menjadi hukuman sosial dari masyarakat kepada pelaku.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya