Untung Rugi Ikut Tren Mukbang

Rica, BJ mukbang
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bagi generasi milenial, segalanya harus serba online. Mulai dari chatting (live chat), karaoke (tik tok), make-up hingga kegiatan makan juga disiarkan secara online lewat youtube dan instagram.

Ustaz Khalid Basalamah Larang Ajarkan Anak Menabung sampai Tentang Nonton Mukbang Saat Puasa

Meski sederhana, memposting kegiatan makan ke medsos ini belakangan malah menjadi tren di berbagai belahan dunia. Orang-orang mengenal tren dari Korea Selatan ini dengan sebutan mukbang. 

Bagi Anda yang senang berselancar di dunia maya, mungkin sering melihat video-video mukbang berseliweran. 

Nonton Mukbang Saat Puasa, Ustaz Wijayanto Bilang Begini

Ya, mukbang adalah tayangan video yang memperlihatkan orang makan. Kata mukbang berasal dari “muk-ja” dan “bangsong” yang memiliki arti makan dan broadcast (siaran). Singkatnya, mukbang adalah tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan dan biasanya disiarkan secara live.

Para pelaku mukbang ini biasanya disebut sebagai broadcast jokey (BJ). Untuk jadi seorang BJ tak perlu terkenal, dengan mengandalkan interaksi yang menarik dan unik, semua orang bisa jadi BJ yang hit.

Profil Lengkap Tzuyang, Food Vlogger Terkenal Asal Korea Selatan

Gaya makan yang bikin ngiler, beserta review dari BJ membuat para warganet betah nonton video itu sampai habis (biasanya durasi 10-15 menit).

Belum jelas kapan dan bagaimana tren ini dimulai. Namun Simon Stawski, blogger tenar asal Kanada yang pindah ke Korea Selatan pada 2008 mengatakan bahwa dirinya menyadari tren mukbang pertama kali di tahun 2014.

Dilansir laman Today Food, ia mengatakan bahwa tren mukbang ini ibarat virus di Korea Selatan yang cepat sekali menyebar. Hanya dalam waktu 1 tahun (2015) tren mukbang sudah menyebar ke mancanegara.

"Bukan hal yang umum di Korea jika seseorang mengunjungi restoran dan pergi makan sendirian," ujar Stawski. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa makan adalah aktivitas sosial yang wajib dilakukan bersama seseorang.

"Jika orang tersebut betul-betul sendirian dan tak ada orang yang bisa diajak makan ke luar, maka pilihannya adalah makan sendiri di rumah. Namun jika makan sendirian pun terasa 'aneh' maka mereka akan mencari teman makan secara online. Itulah asal muasal mukbang," ujarnya. Selanjutnya mukbang semakin populer saat tayangan tv Korea Afreeca TV menayangkan para BJ handal.

Belakangan, untuk menarik jempol warganet, para BJ mulai mencari sensasi. Mereka melahap makanan dalam porsi super jumbo (melampaui porsi orang normal). 

Misalnya dalam satu waktu, para BJ bisa menghabiskan 5 mangkuk besar mi instan, satu baskom ayam goreng atau 4 loyang besar pizza sekaligus. Menunya bermacam-macam, dari mulai seafood, makanan khas Korea, Jepang, desert, fast food bahkan menu-menu khas Eropa. 

Tak cukup sampai di situ, para BJ juga sering melakukan 'challenge' untuk dirinya sendiri, misalnya dengan memakan 50 ribu kalori dalam satu waktu, atau 200 buah cabai dalam 2 mangkuk mi instan, dan lain sebagainya demi rating.

Laman Trending all day pernah menulis soal pendapatan dan rating para BJ ini. Di Korea Selatan, seorang BJ bisa mendapatkan 9 ribu USD atau kurang lebih Rp122 juta perbulan.

Soal viewers jangan ditanya. Trinity misalnya, BJ asal Australia ini bisa mengundang 1,2 juta penonton dalam waktu kurang dari 6 bulan, saat dirinya makan 5 porsi mi ramen samyang super pedas. Lalu Banzz, BJ asal Korea bisa tembus 4 juta penonton dalam waktu 3 bulan dan 1,5 subsciber yang senang menonton dirinya mengunyah satu baskom babi panggang.

Menjalar sampai ke Indonesia

Menjadi salah satu negara dengan penggemar konten Korea yang cukup besar, masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan mukbang. Yang cukup populer dan dikenal adalah DJ Butterfly. Meskipun bukan orang Indonesia, namun DJ Butterfly menjadi salah satu ikon mukbang yang cukup dikenal di Indonesia. 

Namun jauh sebelum DJ Butterfly dan tren mukbang muncul, ternyata aktivitas mukbang sudah berseliweran sebagai tayangan televisi. Salah satunya almarhum Bondan Winarno yang kerap mukbang dengan jargon 'maknyus'-nya yang populer. 

Selain DJ Butterfly dan Bondan Winarno, ada juga BJ Rica dari akun youtube ricarica96. Rica mulai menjajal BJ di awal tahun 2018. Videonya mukbang 5 porsi nasi padang yang baru 1 bulan dipostingnya sudah 73 ribu kali ditonton, 1 ribu like, dan akun yotubenya sudah punya 11 ribu subscriber.

Saat dihubungi VIVA lewat sambungan telepon Kamis 5 Juli 2018 , Rica mengaku merasakan kepuasan tersendiri saat melakukan mukbang. "Puas karna video aku ditonton banyak orang, dan banyak pula yang komen. Itu jadi semacam hiburan buat aku," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa pelaku mukbang di Indonesia sudah cukup banyak. "Di Indonesia sudah banyak yang melakukan mukbang. Kalau di instagram yang terkenal kan ada DJ Butterfly, kalau di youtube ada Tanboy Kun, Marissa Poni, Twins Arthurs, dan yang lain aku yakin masih ada."

Manusia-manusia kesepian yang mencari teman makan

Beberapa pakar psikologi ternyata tertarik mengulik tentang mukbang. Salah satu yang cukup frontal adalah Jeff Yang seorang psikolog dan kritikus sosial dari The Future Company. Dilansir laman resmi hcs.harvard Jeff Yang, menjelaskan bagaimana fenomena mukbang sebenarnya berakar dan menjadi populer. 

"Semua berawal dari Korea Selatan. Karena adanya perasaan kesepian yang dirasakan orang Korea Selatan yang belum menikah ataupun yang tidak memiliki pasangan saat mereka makan sendirian. Apalagi saat dining out atau makan di luar rumah. Kegiatan ini sering diperuntukkan bagi keluarga mereka yang sering makan dengan beberapa orang," ujarnya.

Tren Mukbang

Tak heran jika  banyak menu restoran di Korea Selatan diperuntukkan untuk 3-4 orang. "Karena hal tersebut, warga Korea sering makan sendiri dan membuat mukbang," ujar Jeff.

Sementara itu, psikolog Liza Marielly Djaprie M.Si,Psi,SC, menyebut mukbang justru bisa jadi sebagai pelarian stres yang berbentuk emotional eaters.

"Ada yang namanya emotional eaters, jadi dia makan ketika stres. Makan sering diasumsikan sebagai bentuk rasa nyaman. Kalau kita enggak punya rem yang kuat, saat stres kita akan lari ke makanan bukannya berusaha menyelesaikan masalah," ujarnya saat dihubungi VIVA beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut aia mengungkapkan bahwa  pemakan yang emosional, akan mengakibatkan masalah kesehatan.

"Ini tentu tidak baik harusnya manajemen stres yang tepat bukan ke makanan. Jadi harusnya kita punya manajeman stres yang tepat."

Dampak kesehatan yang ditimbulkan juga mengkhawatirkan

Sementara itu dari sisi kesehatan, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS . menyebutkan kegiatan makan yang berlebihan dalam jangka panjang tentu akan berpengaruh terhadap habit seseorang, hal yang paling mungkin terjadi adalah obesitas, apalagi asupan kalori yang berlebihan itu akan menumpuk menjadi lemak.

Meski demikian, Guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor ini menduga apa yang dilakukan para BJ bukanlah kebiasaan makan yang sebenarnya. 

Rica, BJ mukbang Indonesia juga membenarkan hal itu. Meski sering melakukan mukbang, Rica mengaku itu hanya ia lakukan di depan kamera.

"Itu hanya di depan kamera, sehari-hari aku enggak makan sebanyak itu. Aku cuma makan sayur, buah, oatmeal, sama minunm air mineral saja," ujar Rica Ia mengaku rajin melakukan olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat.

Rata-rata para BJ memang memiliki tubuh yang terlihat ramping. Tak heran, meskipun terlihat 'rakus' saat mukbang, mereka kerap menerapkan gaya hidup sehat, bahkan olahraga ekstrim.

Rica, BJ mukbang

"Dampak kesehatan biasa saja sih, meskipun rajin mukbang. Berat badan juga belum ada yang berubah.Mungkin akan berbeda jadinya kalau menjalani mukbang tanpa olahraga," ujarnya.

Saat makan dalam porsi besar sebenarnya tubuh akan melakukan proses penyeimbangan. Jika makanan yang dimasukkan dan energi yang dikeluarkan seimbang, maka berat badan akan relatif stabil.

Melengkapi penjelasan Prof. Ali Khomsan, Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono SpGK justru menyebut soal efek jangka pendek melakukan mukbang.

"Efek dari mukbang bisa engap atau perasaan seperti sesak nafas dan gangguan pencernaan. Efek jangka panjangnya mesti dipertanyakan. Risikonya bisa mengarah ke stroke dan serangan jantung," ujarnya kepada VIVA ditemui di Menteng Jakarta Pusat.

Ilustrasi wanita alami sesak napas.

Menurutnya yang juga penting dikhawatirkan adalah para viewers terutama kalangan anak-anak.

"Yang dikhawatirkan anak-anak yang nonton mukbang itu. Anak-anak cenderung tidak memahami pola makan (BJ) aslinya seperti apa. Jadi anak-anak rentan meniru."

Dampak positifnya bisa sebagai terapi penderita depresi

Jangan melulu dipandang negatif, mukbang ternyata memiliki dampak positif sebagai dari sesi terapi ASMR.

Dilansir Huffingtonpost, ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response. ASMR terdiri atas bunyi-bunyian yang dianggap menenangkan. Ini bisa merupakan hasil dari gerakan berulang-ulang seperti memukul-mukul benda tertentu secara konstan atau gesekan pena dengan kertas kala seseorang sedang menulis, bisikan lembut yang melodius, suara gemercik air, bahkan sekadar bunyi orang makan.

Uniknya, ASMR dapat membuat orang yang melihat atau mendengarnya menjadi rileks. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap visual dan suara ASMR dianggap mampu membantu mereka mengatasi masalah sulit tidur (insomnia) atau stres. Suara-suara lembut terutama membuat orang merasa tenang.

kurang tidur picu depresi dan bunuh diri.

Dilanisir mindbodygreen, Istilah ASMR pertama kali dipopulerkan oleh seorang pakar keamanan siber bernama Jeniffer Allen pada 2010. Istilah teknis ini digunakan untuk menjelaskan sensasi menggelitik yang dialami otak, kulit, leher, maupun bagian tubuh lain, sebagai respons atas rangsangan sensor tubuh ketika kita mendengarkan bunyi-bunyian dari video atau rekaman suara ASMR.

Efek yang ditimbulkan dari menonton video atau rekaman suara ASMR tak sama untuk semua pendengarnya karena bisa jadi bersifat amat personal. Bagi sebagian orang, suara tersebut merupakan pengalaman fisiologis maupun mental yang dapat memicu memori dan pengetahuan kognitif.

Beberapa Youtuber ASMR, seperti Spirit Payton (ASMR makanan) dari AS dan Maria (ASMR bisikan) dari Rusia melakukan ASMR karena memiliki pengalaman depresi. Setelah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ASMR, mereka mengakui diri merasa lebih rileks.

Profesor bidang neurologi dari Columbia Medical Center dan Direktur Sleep Disorders Center Carl W Bazil meyakini visual dan suara ASMR dapat memberi “ruang istirahat“ dalam otak pendengarnya, sehingga menyediakan waktu bagi mereka untuk mengembangkan imajinasi, relaksasi, hipnosis, dan meditasi. Kesemuanya itu bermanfaat bagi penderita insomnia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya