Mafia Pajak Butuh Pansus?

Gayus Tambunan menangis di pengadilan
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Hari ini, Senin 24 Januari 2011, 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat akan menyerahkan usulan pembentukan Panitia Khusus Hak Angket Kasus Mafia Hukum dan Perpajakan. Panitia ini diisi politisi beragam fraksi termasuk Fraksi Partai Demokrat.

Para inisiator Hak Angket ini antara lain Sutjipto (F-PD), Bambang Soesatyo (F-PG), Eva K Sundari (F-PDIP), Ahmad Yani (F-PPP), Lukman Edy (F-PKB), Didi Irawadi (F-PD), Basuki T Purnama (F-PG), Sarifuddin Sudding (F-Hanura), Ganjar Pranowo (F-PDIP), Achsanul Q0sasi (F-PD), dan Eddy Mihati (F-PDIP).

Sutjipto, politikus Demokrat, menyatakan usulan Pansus Mafia Pajak ini menyeruak setelah muncul kasus Gayus Tambunan dan sejumlah kasus pajak lainnya. "Saya kira kasus Gayus merupakan puncak gunung es dari terjadinya korupsi secara institusional atau berjamaah di Ditjen Pajak. Ini harus dibuktikan," kata Sutjipto kepada VIVAnews, Minggu, 23 Januari 2011.

Anggota Komisi III DPR ini berpendapat, secara logika sederhana tak mungkin Gayus Tambunan melakukan perbuatan tersebut seorang diri, tanpa melibatkan atasan dan rekan kerja yang satu level ataupun bawahan. Bila terbukti, kata Sutjipto, ini sungguh fenomena mengerikan. Soalnya, dalam sebuah instansi Ditjen Pajak terdapat jaringan yang menggerus kekayaan negara dalam jumlah sangat besar.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Informasi yang hampir senada juga diungkapkan oleh Penasihat Indonesian Police Watch (IPW), Johnson Panjaitan, setelah mengunjungi, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri,  Susno Duadji, Sabtu lalu di tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, bersuara mengenai itu.

Menurut Johnson, mengutip Susno, Gayus hanyalah perantara untuk membagi-bagi harta Rp74 miliar yang ditemukan polisi dalam safe deposit box milik Gayus.

Dia juga menyebut bahwa menurut Susno kasus Gayus telah dibelokkan. "Dia (Susno) mengakui bahwa data 149 perusahaan (yang pernah ditangani Gayus) sudah didapat sejak Maret dan April 2009, bukan baru saat ini," kata Johnson.

Pengacara Susno, Ari Yusuf Amir, juga membenarkan sejumlah informasi yang disampaikan Johnson. "Dari awal Pak Susno sudah menyampaikan Gayus hanya pintu masuk dari mafia yang besar," kata Ari Yusuf Amir.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Susno, tambah dia, telah menyampaikan banyak informasi penting kepada Satgas Antimafia Hukum namun banyak yang tidak ditindaklanjuti.

Mengenai fokus penyelidikan Pansus Mafia Pajak, kata Sutjipto, antara lain untuk mengetahui intervensi dari instansi pajak atas proses pengadilan pajak. Lalu juga menyelidiki sistem pembinaan, pengawasan dan penindakan yang dilakukan instansi pajak terhadap petugas yang melanggar hukum, hingga seberapa besar kerugian negara akibat kebocoran dan tak efektifnya penerimaan pajak.

Ia memastikan Pansus ini tak berbenturan dengan Panitia Kerja Pemberantasan Mafia Hukum dan Perpajakan yang dibuat Komisi III DPR. "Justru kami ingin kasus ini ditingkatkan ke pembahasan lebih besar. Kalau Panja hanya komisi III saja. Sedangkan pansus lintas komisi dan fraksi," kata wakil Ketua Fraksi Demokrat ini.

Panitia Kerja tersebut dijadwalkan bekerja mulai pekan ini. “Kami akan fokus terutama kasus yang merugikan negara dalam jumlah besar dan termasuk di dalamnya kasus Gayus (Tambunan),” kata Ketua Panja, Tjatur Sapto Edy, yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR.

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah memanggil pihak-pihak yang punya data dan informasi, seperti PPATK, Dirjen Pajak, Gayus dan  penasihat hukumnya, atasan Gayus, mantan pejabat seperti Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri dan Komjen Pol Susno Duadji.

“Kami akan bekerja maraton, Senin minggu depan kami sudah memulai pemanggilan, rencananya dengan Kapolri tetapi nanti bersama aparat perpajakan,” katanya pada Sabtu lalu.

Sedangkan Gayus Tambunan, terdakwa penggelapan pajak, dijadwalkan akan dipanggil minggu selanjutnya, setelah berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk pengadilan.

Tjatur mengungkapkan langkah ini sudah sesuai dengan semangat pembentukan Panja. Panja dibentuk untuk melakukan pengawasan intensif dan mendorong aparatur penegak hukum bertindak lugas, cepat, dan tepat dalam menuntaskan kasus-kasus yang berhubungan dengan mafia hukum dan perpajakan.

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024