Pamer Kekuatan Mobil Baru di IIMS 2016

IIMS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Hajatan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 resmi digelar sejak Kamis 7 April 2016. Tak ingin membuang kesempatan, perhelatan akbar ini langsung dijadikan ajang pamer bagi beberapa produsen atau pabrikan otomotif di Tanah Air.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Ya, beberapa produsen mobil dan motor langsung memamerkan produk-produk unggulannya. Bahkan tak sedikit Agen Pemegang Merek (APM) baik roda empat maupun roda dua yang memanfaatkan ajang ini untuk meluncurkan produk-produk terbarunya.

Selain menghamparkan berbagai produk atau varian baru mobil dan motor, pameran yang akan berlangsung hingga 17 April 2016 ini juga menyertakan berbagai produk pendukung berupa aksesori, pabrikan onderdil, ban, perangkat audio, dan beragam produk inovatif lainnya.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Bertempat di Jakarta Indonesia Expo, Kemayoran, pameran otomotif tahunan ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, JK, mengatakan bahwa sebuah negara tidak dapat terlepas dari industri, termasuk di dalamnya otomotif.

"Pameran ini lebih cepat dari tahun sebelumnya. Di dalamnya ada rasa optimistis, agar industri berjalan dengan baik. Karena, indikator negara itu dilihat dari tinggi rendahnya industri, salah satunya industri otomotif," kata JK.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

JK juga menambahkan dalam pidatonya tersebut bahwa kebutuhan suatu negara akan kendaraan saat ini sama pentingnya seperti dengan kebutuhan teknologi dan komunikasi yang akan terus berkembang.

Terlebih, masih menurut JK, Indonesia sebenarnya mempunyai potensi untuk mendukung berkembangnya sektor otomotif. Potensi tersebut adalah jumlah penduduk yang sangat besar dibandingkan negara-negara tetangganya seperti Thailand dan Malaysia.

"Tinggi rendahnya penjualan mobil itu dipengaruhi tiga faktor. Yang pertama jumlah penduduk. Untuk soal ini, kita memenuhi syarat. Lalu faktor pertumbuhan ekonomi, karena ekonomi  selalu bergerak. Dan yang terakhir, panjang jalan," kata JK.

JK mencontohkan penduduk Indonesia lebih tinggi daripada Thailand. Tapi panjang jalannya malah kurang panjang dari Thailand. Hal itu yang kini menjadi perhatian pemerintah untuk membangun infrastruktur lebih baik lagi.

Selanjutnya...Mereka Pamerkan Produk Baru

Toyota Pamerkan Sienta, Penantang Honda Freed

Seakan menangkap pesan yang telah disampaikan JK, beberapa produsen mobil dan motor langsung mencoba menarik perhatian pengunjung dengan menghadirkan produk-produk unggulannya, termasuk tentunya menghadirkan produk baru.

Toyota langsung menggebrak dengan peluncuran mobil MPV terbarunya, Sienta.  Setelah hangat menjadi perbincangan, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia, akhirnya secara resmi meluncurkannya.

Menurut Presiden Direktur Direktur PT TAM Hiroyuki Fukui, Toyota Sienta merupakan produk Multi Activity Vehicle (MAV) yang hadir dengan desain guna memanjakan segala aktivitas penggunanya. Tak hanya fungsional, tapi juga memiliki desain yang tentu modern.

Menariknya, meski Sienta sebenarnya telah lebih dulu dipasarkan di Jepang sejak , namun Indonesia pantas bangga dengan produk Toyota yang satu ini. Indonesia menjadi negara pertama yang mendapat kehormatan memproduksi mobil ini selain Jepang.

“Sienta pertama kali diperkenalkan di Jepang, dan kali ini Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksi mobil ini di luar Jepang,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto saat ditemui VIVA.co.id.

Di Indonesia, Toyota Sienta akan dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berada di Karawang, Jawa Barat. Mobil ini kabarnya diluncurkan di Indonesia untuk menjegal langkah Honda Freed yang jauh lebih dulu menyapa Indonesia.

Toyota Sienta hadir dengan empat tipe yakni tipe E, G, V, dan Q. Dari empat tipe itu, Toyota Sienta menghadirkan tujuh varian untuk memberikan banyak pilihan bagi para konsumen. 

Dari tujuh varian berbeda, yang termurah adalah Toyota Sienta E transmisi manual (MT) dihargai Rp230 juta (on the road Jakarta). Sedangkan untuk varian termahalnya adalah Toyota Sienta Q CVT yang dibanderol dengan harga Rp295 juta.

Selanjutnya....Honda Tak Mau Kalah

Tak Mau Kalah, Honda Luncurkan All New Honda Civic

Mendapat “serangan” dari Toyota, Honda lewat PT Honda Prospect Motor (HPM) melancarkan balasan. Honda langsung memamerkan produk terbarunya All New Civic. Ini menjadi generasi ke-10 dari mobil sedan mungil andalan Honda.

Honda mengklaim, Civic terbaru ini menampilkan desain yang revolusioner, ditambah fitur canggih dan dilengkapi mesin turbo pertama di kelasnya. Dengan mesin baru 4-silinder 1.5L turbocharger VTEC berteknologi Earth Dream ini, Honda sepertinya cukup pede Civic terbaru ini akan menjadi buruan.

Presiden Direktur HPM, Tomoki Uchida mengatakan, All New Civic sengaja dikembangkan berdasarkan reputasi besar dari generasi yang pernah ada. “Dipadukan dengan mesin VTEC 1.5 liter, All New Civic Turbo dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 173 daya kuda, tapi tetap efisien dan bertenaga,” kata Tomoki saat peluncuran.

Sementara itu, Marketing and After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy menyatakan, Honda Civic merupakan salah satu sedan dengan penjualan tersukses, baik di Indonesia maupun secara global. Soal harga, All New Honda Civic dijual dengan harga Rp475 juta, dengan status on the road Jabodetabek.

“Prestasi ini berlanjut hingga generasi ke-10, yang sebelum di Indonesia telah mendominasi penjualan di beberapa negara. Kami percaya, Civic terbaru diterima baik oleh konsumen Indonesia, dan mampu mendominasi dalam hal inovasi produk dan penjualan,” ujarnya menjelaskan.

Selain meluncurkan Honda Civic terbaru, HPM juga memanfaatkan ajang ini untuk meluncurkan Brio Satya versi matik. Sayangnya, mobil yang indentik dengan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) ini menjadi lebih mahal dengan harga on the road Jakarta mencapai Rp149,6 juta.

Namun, Honda berdalih, mahalnya Honda Brio versi matik ini karena telah disematkan transmisi CVT (continuously variable transmission) Earth Dreams Technology – teknologi andalan Honda.

Menurut Jonfis Fandy, dengan menggunakan transmisi CVT tentu saja hal ini akan menambah banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen. Namun, tetap dirancang untuk konsumen yang muda, gaya, dan ingin performa lebih.

Tak hanya menawarkan Brio Satya dengan transmisi CVT, HPM juga menyajikan varian anyar untuk versi matik CVT, berupa Brio RS CVT. Honda Brio RS CVT ini ditawarkan dengan desain baru berupa front bumper, front grille, alloy wheel, dan dashboard.

Selain itu, terdapat penambahan berbagai fitur seperti system audio, steering switch audio, auto door lock, side under spoiler, LED high mount stop lamp, project headlamp, transmisi CVT serta pengereman ABS. Honda sendiri membanderol mobil yang satu ini Rp174,7 juta.

Hyundai dan Jeep Ikut Pamer Produk Baru

Tak mau kalah dengan perusahaan mobil asal Jepang, perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai juga memamerkan produk terbarunya. Lewat PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mereka meluncurkan dua produk baru sekaligus yakni All New Tucson dan New H-1.

Untuk All New Tucon, mobil ini didesain langsung oleh President of Design Center Hyundai, Peter Schreyer dan Chief Designer Hyundai Motor Europe, Thomas Burkle. Sebagai catatan, Burkle dikenal sebagai desainer mobil yang pernah mempopulerkan BMW, lewat mobil-mobil 3 Series dan 6 Series.

Mobil  Sport Utility Vehicle (SUV) ini merupakan generasi ketiga. Tampilan mobil ini lebih garang dan sporty, karena mengalami rombakan di bagian eksterior dan interior. Mobil ini juga telah dilengkapi struktur bodi yang mengusung konsep AHSS (advance high strength steel), dua kantung udara, dan perlengkapan keselamatan lainnya.

Untuk jantung pacu, mobil ini dilengkapi mesin berkapasitas 2.000cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 156 daya kuda. Sedangkan soal harga, All New Tucson dibanderol Rp385 juta.

Ditempat terpisah, PT Garansindo Inter Global selaku Authorized General Distributor (APM) merek Jeep di Indonesia, juga meluncurkan produk baru. Kali ini mereka meluncurkan Jeep Wrangler Trailstorm – special edition, mobil yang masuk golongan mewah tentunya.

“Pabrikan Jeep banyak mengeluarkan Jeep Wrangler Special Edition di mana tahun sebelumnya Garansindo mempersembahkan Jeep Wrangler Call of Duty, Willys Edition, Arctic Sahara, dan 70th Anniversary. Line up ini selalu mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari market," kata Chief Sales Officer PT Garansindo Inter Global, Harun Sjech.

Menggunakan basis Jeep Wrangler, mobil special edition tersebut mendapatkan beberapa modifikasi oleh MOPAR, sepert pintu half door, ban, velg, bumper 10 th anniversary, tail lamp guard, high top fender, dan dome engine hood.

Untuk dapur pacunya, Jeep Wrangler Special Edition menggendong mesin 3.0L V6 Pentastar, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 230 horse power dengan torsi 285Nm. Memiliki status off the road, harga yang ditawarkan untuk Jeep Wrangler special edition yakni Rp1,5 milliar.

Selanjutnya...Motor BaruIkut  Mejeng

Motor-motor Baru Ikut Mejeng di IIMS 2016

Selain persaingan di roda empat, perhelatan IIMS juga menjadi ajang 'pertempuran' bagi produsen roda dua. Rivalitas Honda dan Yamaha langsung terlihat dari deretan kuda besi yang dipamerkan.

Honda lewat PT Astra Honda Motor (AHM) memamerkan motor big bike-nya Honda RC213V-S, motor balap MotoGP versi jalan raya. Menurut Big Bike Honda Consultant, Ahmad Sobari, motor ini dilepas dengan harga Rp8 miliar dengan status off the road.

Honda RC213V-S dijejali mesin empat silinder berkapasitas 999cc. "Harganya itu Rp8 miliar, dengan status off the road. Peminatnya banyak, tapi biasanya langsung kaget saat tahu harganya," kata Sobari.

Tak mau kalah dengan seteru abadinya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menghadirkan motor gedenya. MT-09 yang masuk dalam Yamaha MT Family Naked Series, diboyong ke IIMS.

Motor ini diboyong ke Indonesia dengan status CBU atau diimpor dalam keadaan utuh ini dibanderol seharga Rp325 juta on the road Jakarta.

Tak hanya itu, Yamaha juga memamerkan empat motor andalannya YZF-R25, YZF-R15, New V-Ixion Advance, dan MX King. Yang membuat menarik, Yamaha menyematkan livery Movistar Yamaha MotoGP.

Selain Honda dan Yamah, Ducati dengan bendera PT Garasindo Euro Sport juga tak mau ketinggalan untuk pamer. Pabrikan motor premium asal Italia ini menghadirkan motor-motor terbarunya untuk pasar Indonesia.

Ducati Scrambler, Monster, Multistrada, Diavel, dan Panigle mencoba mengeluarkan auranya di pameran ini. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi mulai dari yang termurah Scrambler Sixty2 yang dihargai Rp199 juta hingga yang termahal Panigale R seharga Rp1,799 milliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya