Riuh The Conjuring 2

Adegan di The Conjuring 2
Sumber :
  • Warner Bros

VIVA.co.id – Masih segar di ingatan kita semua betapa menyeramkannya film The Conjuring pertama yang dirilis tiga tahun lalu, kini sekuelnya telah kembali hadir memacu adrenalin para penggemar film horor di seluruh dunia.

Ruben Onsu Sebut Alami Kejadian Horor Mirip Film The Conjuring

Sejak dirilis tanggal 12 Juni 2016 lalu, film bergenre horor supranatural berjudul The Conjuring 2 telah melejit dan berhasil merajai box office dengan pendapatan kotor diperkirakan mencapai US$40,3 juta di minggu pertama penayangan. Jumlah tersebut jauh mengalahkan pendapatan yang diraup dua film Hollywood lain yang tayang berbarengan, yaitu Warcraft (US$24,3 juta) dan Now You See Me 2 (US$23 juta). Demikian dilansir dari Box Office Mojo, Jumat, 17 Juni 2016.

Tidak hanya itu, film produksi Warner Bros ini juga mendepak Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows yang hanya meraup US$14 juta dalam waktu sepekan.

Tonton Sampai Habis, Teaser The Nun Munculkan Horor Valak

Keberhasilan film besutan sutradara James Wan memuncaki box office dianggap banyak pihak tak terlepas dari kesuksesan dan kekuatan jalan cerita film pertamanya. Hal itu diungkapkan oleh Paul Dergarabedian, analis media senior ComScore.

"The Conjuring pertama yang brilian telah menjadi contoh film horor dan telah membangun harapan yang tinggi di film keduanya," ujar Paul, dikutip dari Variety.

Teror Sadako Hingga Valak

Hal senada diungkapkan Jeff Goldstein, distribution executive vice president Warner Bros, perusahaan saudara New Line Cinema. "Ini dimulai dengan film yang sangat bagus. Lalu Anda mempekerjakan sutradara hebat seperti James Wan, kembali ke genre yang ia kuasai dan mencocokannya dengan tanggal rilis yang sempurna," ujar Jeff.

Sebagai informasi, film pertama The Conjuring sendiri, yang juga disutradarai oleh James Wan merupakan salah satu film horor dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa dengan total pendapatan US$318 juta.

Menjual kisah nyata

Seperti film pertamanya, sekuel The Conjuring kembali menjual kasus dan kisah horor nyata yang pernah ditangani pasangan suami istri Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga). Namun, kali ini pilihan jatuh pada kasus rumah berhantu paling fenomenal di Inggris, The Enfield Poltergeist yang terjadi pada tahun 1977-1979. Nama tersebut diberikan pada kasus tentang aktivitas roh jahat yang menganggu sebuah keluarga yang tinggal di rumah mungil di Brimsdown, Enfieldd.

Kisah nyata yang menghebohkan masyarakat serta media lokal ini dimulai pada bulan Agustus 1977, dimana sang pemilik rumah, Peggy Hodgson yang merupakan seorang ibu tunggal dari empat orang anaknya, Margaret, 13, Janet, 11, Johnny, 10, dan Billy, 7, memanggil polisi ke rumah sewanya di Enfield. Panggilan darurat tadi ia lakukan setelah dua dari empat anaknya mengklaim melihat benda-benda di rumah bergerak dengan sendirinya, serta mendengar suara ketukan dari dalam tembok rumah.

Betapa terkejutnya dua orang polisi yang datang untuk memeriksa rumah tersebut ketika melihat kursi yang bergerak sendiri. Klaim selanjutnya termasuk suara-suara hantu, suara keras, batu dan mainan yang dilempar, kursi yang bergerak sendiri dan anak-anak yang melayang di udara. Tak membutuhkan waktu lama, laporan polisi tadi pun menarik perhatian media setempat yang segera meliput kisah rumah berhantu itu.

Dalam film The Conjuring 2, seluruh kisah tadi betul-betul diceritakan seperti kisah aslinya. Bahkan seluruh latar tempat, mulai dari bagian depan rumah, ruangan-ruangan dan furnitur di dalamnya pun sengaja dibuat seperti bentuk aslinya. Begitu pula dengan tampilan para pemain yang dibuat semirip mungkin dengan anggota keluarga The Hodgsons. Hal ini terlihat dari beberapa foto-foto yang ditampilkan di bagian akhir film, membandingkan antara foto asli dan adegan di film.

Popularitas Valak

Menariknya, meski jalan cerita film berpusat pada aksi pasangan The Warrens yang berjuang membasmi roh jahat dan menyelamatkan keluarga The Hodgsons, karakter Valak lah yang paling mendapat sorotan dari para netizen yang telah menonton film The Conjuring 2.

Di berbagai media sosial, Valak, sang iblis yang menyamar dan mengambil bentuk seorang biarawati, sangat populer dan bahkan menjadi bahan meme netizen. Dari karakter yang digambarkan sangat menyeramkan, Valak kini berubah menjadi karakter yang bisa membuat orang tertawa karena berbagai meme yang tersebar secara viral.

Tengok saja beberapa meme buatan netizen Indonesia yang tersebar di dunia maya dan membuat siapapun yang melihatnya tergelak. Valak disulap menjadi hantu muslimah yang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan bahkan disandingkan dengan ikon horor Indonesia, Suzanna.

 

Serem cynn :D Regram @reinoku

A photo posted by :Dagelan - Asikin aja lagiii (@dagelan) on

 

Selalu di tiap lebaran :D #memeconjuring by @awkadis

A photo posted by :Dagelan - Asikin aja lagiii (@dagelan) on

 

Mana valak mana! Senior kalah pamor :D #memeconjuring by @rezalachapelle #dagelan

A photo posted by :Dagelan - Asikin aja lagiii (@dagelan) on

Demam The Conjuring 2 juga dihebohkan dengan sebuah video yang dibuat oleh seorang vlogger asal Malang, Jawa Timur. Wanita bernama Vindy ini tertantang untuk merias wajah ala Valak dengan riasan wajah supermenyeramkan berwarna putih dengan mata berwarna hitam lengkap dengan lensa kontak yang tak kalah seram. Tak lupa dengan penutup kepalanya.

Valak The Conjuring 2

Dalam video yang ia unggah ke akun Youtube pribadinya, Ini Vindy, ia memberi langkah-langkah cara merias wajah menyerupai Valak. Video tersebut pun hingga kini telah ditonton 131.276 orang dan menerima like sebanyak 4.054 serta 427 komentar.

Sebuah video lain yang diunggah seorang pengguna media sosial juga sempat menarik perhatian netizen. Video yang diambil di sebuah bioskop tersebut menunjukkan seseorang yang diduga kesurupan saat menonton The Conjuring 2. Meski begitu, tidak jelas apakah film yang ditonton merupakan film The Conjuring 2 dan dimana kejadian tersebut berlangsung.

Sekuel kedua dan spin off

Meski The Conjuring 2 masih ditayangkan di bioskop-bioskop di seluruh dunia, namun rumor mengenai sekuel keduanya sudah berhembus sejak beberapa hari lalu.

Kabarnya, film The Conjuring 3 akan mengisahkan pasangan The Warrens menghadapi teror manusia serigala. Itu dikarenakan Ed Warren pernah mempublikasikan buku berjudul Werewolf: A True Story of Demonic Possession pada tahun 1991 silam, yang dibuat berdasarkan kasus-kasus yang pernah ia tangani.

Memang belum jelas apakah materi di buku tersebut berpotensi untuk digunakan sebagai sumber inspirasi film The Conjuring 3, namun ide film yang mengisahkan kasus manusia serigala, menurut James Wan adalah sesuatu yang luar biasa dan layak dipertimbangkan.

"Barangkali kita akan membuatnya (The Conjuring 3) bergaya seperti film klasik American Werewolf in London. Itu akan sangat keren! Pasangan suami istri Warren dengan latar belakang The Hound of Baskerville. Itu akan sangat luar biasa!" ujarnya sambil tertawa, seperti dikutip Cinema Bland.

Kepopuleran karakter Valak juga membuat New Line Cinema memutuskan untuk membuat film spin off The Conjuring 2 yang akan mengangkat karakter iblis berwajah putih itu. Film tersebut akan diberi judul The Nun.
Kabarnya, film The Nun sendiri akan secara khusus mengangkat kisah hantu ciptaan James Wan dalam The Conjuring 2.

Ini bukanlah film spin off pertama yang lahir dari film The Conjuring. Sebelumnya, film tentang boneka cantik berjudul Annabelle juga lahir dari The Conjuring pertama dan mendapat tempat sendiri sebagai film solo.

Penulis naskah Orphan dan The Conjuring 2, David Leslie Johnson, yang akan menangani naskah The Nun. Tidak hanya itu, James Wan dan Peter Safran akan kembali menggarapnya.

Sejauh ini, belum ada detail lain, termasuk para pemainnya. Dalam The Conjuring 2, Valak memang memiliki peran besar sebagai hantu yang diincar The Warrens. Film The Nun pun diharapkan dapat memuaskan rasa penasaran penonton dan mengenal lebih dekat sosok Valak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya