Dangdut, Jelata yang Dicinta

Sorot dangdut via vallen
Sorot dangdut via vallen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Puluhan ribu penonton di stadion Gelora Bung Karno ikut bernyanyi dan bergoyang ketika sebuah lagu bernada riang dan mengajak menang dilantunkan dengan energik oleh Via Vallen, penyanyi muda berusia 22 tahun.

“Tetap fokus kita kejar dan raih bintang..,” Berbarengan dengan berakhirnya lagu tersebut, telunjuk Via Vallen mengarah ke atas. Lalu kembang api pecah di udara. Suasana makin meriah diiringi tepukan tangan membahana.

Wajah Via Valen merona, kontras dengan stelan blazer putih bertabur bunga yang ia kenakan. Senyumnya lebar merekah. Via membungkukkan badan, lalu berpamitan. Perlahan fisiknya menghilang dari tatapan penonton, termasuk Presiden RI Joko Widodo dan perwakilan negara asing.

Sorot dangdut via vallen asian games

Penyanyi dangdut Via Vallen di pembukaan Asian Games 2018

Pesta pembukaan Asian Games 2018 yang digelar pada 18 Agustus 2019 menjadi perbincangan yang tak usai. Kemeriahannya bahkan disebut mengalahkan kemeriahan pembukaan Olimpiade, pesta olah raga terbesar di dunia, yang diadakan di Rusia beberapa bulan sebelum Asian Games digelar. Via Vallen terpilih untuk melantunkan lagu resmi Asian Games 2018, Meraih Bintang. 

Meraih Bintang merupakan lagu beraliran dangdut modern yang diciptakan oleh Pay Siburian, salah satu produser ternama di negeri ini. Via terpilih sebagai penyanyinya setelah panitia Asian Games 2018, INASGOC, melakukan seleksi. Ketua INASGOC Erick Thohir saat itu menjelaskan kepada media, Via Vallen ditunjuk sebagai penyanyi lagu Meraih Bintang karena dinilai memiliki talenta luar biasa.