Ramadan Kaum Milenial

sorot ramadan busana muslim
sorot ramadan busana muslim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R Rekotomo

VIVA – Tak terasa iklan sirop dengan visual menggoda 'iman' sudah wara-wiri di televisi. Itu tandanya ramadan segera datang sekejap lagi. 

Meski pemerintah baru menggelar sidang itsbat pada Minggu 5 April, beberapa organisasi Islam telah menetapkan awal ramadan. Muhammadiyah sudah mengumumkan 1 Ramadan jatuh pada 6 Mei 2019. Jika ketetapan pemerintah berdasarkan hilal dan hisab mendatang sama dengan Muhammadiyah maka umat Muslim di negeri ini mulai berpuasa lusa nanti. 

Menyambut bulan puasa, persiapan sudah pasti tak ketinggalan, mulai dari yang berhubungan dengan mulut dan perut hingga persiapan lainnya, seperti ibadah hingga kegiatan berbagi serta silaturahmi. Dan tradisi selama ramadan seperti membangunkan sahur keliling kampung, sahur on the road, ngabuburit hingga buka bersama (bukber) sudah siap-siap di garis start.

Ramadan memang selalu dinanti, terutama oleh kalangan milenial, yang memang dikenal dekat dengan perkembangan gadget, eksis di media sosial, juga senang bergaul. Dan aktivitas yang paling ditunggu saban Ramadan datang oleh mereka adalah bukber. 

"Buka bersama, seru banget. Apalagi selain itu?" kata Azizah Sakha. 

Wanita 21 tahun jebolan Fakultas Psikologi Universitas YARSI ini telah mempersiapkan diri memperbaiki ibadahnya. Dia mengatakan, bahwa bukber bersama teman-teman menjadi salah satu agenda wajib saat ramadan tiba. Biasanya Azizah dan teman-temannya lebih sering memilih restoran sebagai lokasi kumpul untuk bukber sekaligus berbagi cerita.  

Faktanya, tak cuma yang melakoni puasa yang menunggu momen ramadan tapi juga pihak lain yang kena imbas baiknya. Sebut saja restoran, kafe, mal, dan masih banyak lagi. Itu karena kebiasaan bukber di restoran atau kafe menjadi lebih sering dari biasanya. Otomatis, rupiah bakal lebih banyak masuk ke kantong mereka.